Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan SIK MM di Banjarmasin, melakukan pengecekan bongkar muat logistik surat suara pemilihan gubernur di Pelabuhan Trisakti kota setempat.

"Memang benar, kami melakukan pengecekan bongkar muat logistik surat suara pemilihan gubernur di area parkir Kontainer Meratus Lines di Jalan Lumba-lumba Pelabuhan Trisakti Banjarmasin," ucapnya, Kamis.

Dikatakannya, pengecekan kegiatan bongkar muat itu dilakukan pada Rabu (18/11) pagi, sekitar pukul 10.00 WITA, dihadiri juga oleh Kabag Binops Roops Polda Kalsel AKBP Asep SW dan didampingi Kasat Intelkam Polresta Banjarmasin Kompol Letjon Simanjorang SH.

Proses bongkar muat logistik Pilgub Kalsel untuk Pilkada serentak 2020 itu dijaga ketat oleh petugas kepolisian yang ditugaskan untuk menjaga logistik tersebut.

Adapun tujuan selanjutnya, jelas Kapolresta Banjarmasin, logistik surat suara Pilkada 2020 itu didistribusikan ke Kantor KPU Kabupaten/Kota yang ada di Wilayah Kalimantan Selatan.
Polisi melakukan pengawalan surat suara yang didistribusikan ke KPU Kabupaten/Kota di Kalsel. (ANTARA/Gunawan Wibisono)
Sedangkan untuk rincian jumlah kebutuhan logistik tersebut di masing-masing KPU kabupaten/kota di antaranya Kabupaten Tanah laut dengan jumlah surat suara gubernur 244.164 lembar, Kabupaten Kotabaru dengan jumlah Surat Suara Gubernur 214.868 lembar, Kabupaten Banjar  dengan jumlah Surat Suara Gubernur 400.351 lembar.

Selanjutnya, Kabupaten Barito kuala dengan jumlah Surat Suara Gubernur 225.828 lembar, Kabupaten Tapin  dengan jumlah Surat Suara Gubernur 135.726 lembar, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan jumlah Surat Suara Gubernur 170.327 lembar.

Kemudian, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan jumlah Surat Suara Gubernur  189.784 lembar, Kabupaten Hulu Sungai dengan jumlah Surat Suara Gubernur 165.792 lembar dan Tabalong dengan jumlah Surat Suara Gubernur 174.760 lembar.

Sementara untuk Kabupaten Tanah Bumbu dengan jumlah Surat Suara Gubernur  226.181 lembar, Balangan dengan jumlah Surat Suara Gubernur  93.647 lembar dan Banjarmasin dengan jumlah Surat Suara Gubernur 459.361 lembar serta Banjarbaru dengan jumlah Surat Suara Gubernur  172.133 lembar.

Selama kegiatan berlangsung, dilakukan pengamanan dari Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin dan Polres jajaran yg akan mengawal surat suara ke wilayah masing-masing kabupaten/kota di Kalsel.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020