Anggota tim gabungan dari Polres Tabalong, Kodim 1008/Tanjung dan Pemkab setempat meninjau kesiapan sarana dan prasarana tanggap bencana setempat baik penanganan banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Peninjauan dipimpin langsung Bupati Tabalong Anang Syakhfiani didampingi Wakapolres Kompol Iwan Wahyu Purnomo dan perwakilan Kodim 1008/Tanjung Kapten Inf Dwi Prayitno.
 
Foto Kalsel.Antaranews/ist (Istimewa)
Sebelumnya tim gabungan mengikuti apel siaga bersama di halaman Pendopo Bersinar Pembataaan dalam rangka kesiapan penanganan bencana.

 Apel gabungan juga diikuti Denpom Persiapan Tanjung, Kodim 1008/ Tanjung, Polres Tabalong, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Basarnas , BNPB, Dinas Sosial atau Unit Siaga Bencana serta Damkar Se - Kabupaten Tabalong.

 “Melalui upaya seperti ini kita makin siap dalam menghadapi bencana bisa datang," ungkap Anang. Dengan Apel Siaga Gabungan ini diharapkan dapat meminimalisir timbulnya kerugian yang lebih besar akibat bencana, baik timbulnya korban jiwa mauoun kerugian material.

 Termasuk proses evakuasi pun dilakukan dengan tanggap dan sigap apabila kemungkinan datangnya bencana.

 Anang juga meminta para Camat bersama Kapolsek dan Danramil agar selalu selalu mengupdate peta rawan bencana, menyiapkan jalur evakuasi dan titik kumpul evakuasi yang ada di wilayah kerjanya masing - masing.

"Masyarakat juga perlu diberi edukasi mitigasi bencana khususnya di zona rawan bencana, " jelas Anang.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020