Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad didampingi Sekretaris Daerah HSS HM Noor M.AP MA menghadiri penyerahan satu juta sertifikat tanah secara virtual, oleh Presiden RI Joko Widodo dalam rangka Bulan Bakti Agraria dan Tata Tuang Nasional tahun 2020,  di ruang media center Setda HSS.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten HSS, Tri Harnanto, di Kandangan, Senin (9/11), mengatakan untuk Kabupaten HSS sendiri, total ada sebanyak 1302 sertifikat yang akan di serahkan.

"Untuk saat ini sudah ada tiga desa yang sudah kita serahkan totalnya 323 sertifikat dari total 1.302 sertifikat, dan untuk sertifikat Barang Milik Negara (BMN) pemda HSS ada 17 dari 29 yang diserahkan, sedang sisanya akan diserahkan secepat mungkin," katanya, dalam keterangan.

Baca juga: Bupati HSS : 1.600 bidang tanah landreform siap diredistribusikan kepada masyarakat

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan pihaknya selaku pemerintah daerah mewakili masyarakat HSS, mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI, karena banyak tanah masyarakat di HSS sekarang sudah memiliki sertifikat hak milik.

Dijelaskan dia, kepemilikan sertifikat tanah ini sangat penting untuk menjadi bukti kepastian kepemilikan tanah, dan juga untuk menghindari sengketa kepemilikan lahan.

Dengan diterbitkannya sertifikat kepemilikan tanah ini warga masyarakat yang sudah memiliki sertifikat, bisa memungkinkan menggunakannya sebagai agunan modal ke perbankan dan lain sebagainya.

Baca juga: Tanah objek landreform HSS dilarang dipindah hak maupun alih fungsi

"Kita juga sangat berterimakasih kepada pihak Kantor Pertanahan Kabupaten HSS atas kerjasama yang sangat baik yang sudah dilakukan, ke depan kerjasama ini akan terus ditingkatkan guna mensejahterakan masyarakat HSS," katanya.

Wakil Bupati HSS sendiri pada kesempatan ini menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah hasil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020, kepada 10 orang perwakilan masyarakat, dan 17 sertifikat tanah Barang Milik Negara (BMN) kepada Kepala Bakeuda HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020