Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, berikan beasiswa kepada para Tahfidz Al Quran, asal kabupaten setempat, dengan kuota sebanyak 50 orang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Abdul Basid menerangkan, program beasiswa Tahfidz Alquran merupakan program perdana dari Pemerintah Kabupaten Balangan melalui dinas pendidikan setempat untuk memfasilitasi hafidz dan hafidzah di Balangan.

"Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pelajar atau masyarakat Balangan. Beasiswa juga bentuk apresiasi atas kemampuan tersebut," tuturnya.

Dikatakan, syarat untuk mendapatkan beasiswa tersebut, peserta yang mengajukan beasiswa harus mengantongi hafalan Al Quran sesuai kategori tingkat pendidikan.

"Syaratnya ada tingkatannya, yakni pada tingkat sekolah dasar satu juz , SLTP lima juz, SLTA 10 juz dan Mahasiswa sebanyak 15 juz," jelasnya.

Disebutkan pula bahwa beasiswa yang diberikan berupa uang untuk mendukung kelanjutan program tahfidz, selain itu juga sebagai bentuk bantuan Pemkab Balangan untuk belajar.

Hingga saat ini baru 12 peserta yang mendaftarkan diri, dan kita berharap program ini dapat meningkatkan SDM di Balangan. Tentunya juga dapat memberikan layanan pendidikan lebih meluas, pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020