Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) HM Noor memberikan materi pencegahan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), dalam rapat koordinasi peran stakeholder dalam pengawasan tahapan kampanya Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2020 di masa pandemi COVID-10.

Ia mengatakan, selaku pemerintah daerah akan terus mendukung dan memfasilitasi agar Pilkada dapat berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan, dan juga terus mengingatkan kepada ASN agar tidak terlibat dalam politik praktis.

Baca juga: Pilkada serentak, Bupati HSS intruksikan sosialisasi aturan protokol kesehatan

"Setiap ASN harus netral pada Pilkada, serta ASN juga dilarang menggunakan aset daerah dalam bentuk apapun yang bisa digunakan sebagai alat kampanye dan terlibat politik praktis," katanya, di Aula Hotel Qiana'in Kandangan, Selasa (3/11). 

Kepala Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) HSS, Hasnan Fauzan, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama antara Bawaslu dan masyarakat, yang diwakili pemerintah daerah serta stakeholder lainnya untuk menegakkan keadilan pemilu di Kabupaten HSS.

Baca juga: Mahfud MD : Pilkada serentak, protokol kesehatan harus ketat dan disiplin

Dijelaskan dia, dengan adanya kegiatan ini diharapkan nanti dalam pelaksanaan pemilu dan di tahapan kampanye ini tidak ada pelanggaran yang terjadi, sehingga pemilu dapat berjalan dengan adil, demokratis, dan kondusif.

Rakor turut dihadiri Kabid SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Kalsel Iwan Setyawan, KPU, TNI, Polri, Kejaksaan serta perwakilan SKPD terkait di antaranya Satpol PP HSS, BPBD Kesbangpol HSS, Dinas Kominfo HSS, dan Dinas Kesehatan HSS dan juga perwakilan partai politik.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020