Amuntai, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini untuk mendapatkan mutu pendidikan yang lebih berkualitas.


Ketua PKK Hulu Sungai Utara (HSU) Anisah Rasyidah di Amuntai, Rabu, mengatakan bahwa TP PKK melaksanakan pelatihan tenaga pendidik PAUD secara bertahap melalui Kelompok Kerja (Pokja) II.

"Tahap pertama diikuti 40 orang guru pendidikan anak usia dini (PAUD)," kata Anisah melalui siaran persnya.

Pelatihan tenaga pendidik PAUD, kata dia, harus dilakukan seiring dengan upaya pengembangan lembaga PAUD di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), di antaranya target satu desa satu PAUD pada tahun 2015.

Selain itu, lanjut dia, kualitas tenaga pendidik PAUD tidak bisa disepelekan mengingat peran pendidikan anak di usia dini sangat penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Dengan kualitas tenaga pendidik yang baik, menurut Anisah, sangat membantu peningkatan kualitas pendidikan PAUD. Misalnya, pengembangan pendidikan karakter dan pendidikan dasar yang berperan membantu pengembangan bakat dan kecerdasan anak sehingga lebih berprestasi pada saat memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Ia meminta tenaga pendidik PAUD saling tukar pengalaman antarguru, dan pengalaman sehingga dijumpai teknik pendidikan PAUD yang sesuai diterapkan dengan tetap mengacu pada konsep dasarnya.

Anisah mencontohkan pemanfaatan tanaman atau bahan lainnya yang mudah diperoleh di lingkungan PAUD untuk dijadikan alat mainan anak-anak.

"Melalui pelatihan ini, para tenaga pendidik diharapkan lebih kreatif dalam mengembangkan pola pendidikan PAUD," kata Anisah.
   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014