Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta menyerahkan alat tangkap ikan ramah lingkungan Trammel Net dan Gill Net kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Citra Mandiri Desa Batakan sebanyak 120 set.

Selain itu, bupati juga menyerahkan bantuan kepada  KUB Rizki Abadi Desa Batakan sebanyak 100 set dan 130 set untuk KUB Semangat Nelayan Desa Takisung,  di Pantai Batakan Baru, Kecamatan Panyipatan, Senin (26/10).

Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengungkapkan, pengadaan alat tangkap ikan tersebut berasal dari dana alokasi pemerintah pusat yang telah lama diperjuangkan Pemkab Tanah Laut untuk membantu peningkatan hasil usaha nelayan. 

Karena bagi Sukamta, kunci dari keberhasilan nelayan adalah pada peralatan yang digunakan. 

Sukamta juga mengatakan, alat tangkap ikan ramah lingkungan yang diberikan kepada nelayan itu  bertujuan untuk menjaga kelestarian ekosistem ikan di laut.

"Ini sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah untuk kesejahteraan nelayan, gunakan alat-alat ini untuk meningkatkan hasil usaha nelayan," pesan bupati.

Pemkab Tanah Laut  dalam hal ini, sebut dia,  juga mengupayakan agar harga minyak solar turun dan terjangkau untuk nelayan. 

"Alhamdulillah berkat hasil kerja keras kita semua, akhirnya harga solar bisa turun menjadi Rp 6.000," katanya.

Disamping itu, papar dia,  pihaknya tengah memprioritaskan sektor pariwisata di Pantai Batakan Baru. 

Bupati  mengapresiasi tekad masyarakat yang berswadaya membangun dan mengembangkan wisata di tempat tersebut, sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

"Insha Allah nantinya ada sembilan kegiatan yang akan kita bangun di tempat ini," terang Kamta.

Turut hadir di acara tersebut  Camat Panyipatan Agus, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Tanah Laut Rizayadi serta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Panyipatan.
Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta menyerahkan alat tangkap ikan ramah lingkungan Trammel Net dan Gill Net kepada Kelompok Usaha Bersama di Kecamatan Panyipatan, Senin (26/10).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020