Kasus terkonfirmasi positif COVID-19  di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimabtan Selatan kembali bertambah satu orang dan dua pasien dinyatakan sembuh, Jumat (23/10). 

“Hari ini penambahan terkonfirmasi positif satu orang dan kesembuhan dua orang,” tutur Juru Bicara (Jubir) Tanggap Darurat Kasus COVID-19 Batola  Hj Azizah Sri Widari, di Marabahan, Jum'at (23/10).

Azizah menerangkan, untuk penambahan satu pasien positif baru berasal dari Kecamatan Tamban berkode Btl-685. 

Saat ini pasien laki-laki berusia 22 tahun tersebut, lanjutnya, sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Terkait dua pasien sembuh, wanita ramah itu menerangkan, satu orang berasal dari Kecamatan Tamban berkode Btl-647. 

"Pasien berkode Btl-647 itu semula dalam pemantauan Tim Covid-19 Asrama Haji Banjarbaru,"ujarnya. 

Sedangkan satu lainnya, sebut Azizah, berasal dari Kecamatan Alalak berusia 19 tahun. 

"Pasien wanita berkode Btl-648 tersebut semula dalam pemantauan Tim COVID-19 kecamatan setempat,"terangnya. 

Azizah yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batola itu mengutarakan, dengan tambahan kasus baru kali ini,  maka total kasus konfirmasi di Batola menjadi 683 orang, sedangkan pasien sembuh 634 orang (92,83 persen), pasien meninggal dunia sembilan orang(1,32 persen), sehingga pasien konfirmasi positif (kasus aktif) tersisa 40 orang (5,85 persen).

“40 kasus aktif ini, 27 orang tengah dirawat masing-masing di RS Anshari Shaleh tiga orang, di RS Islam dua orang, di Karantina SKB Marabahan satu orang, di Karantina BTIKP Banjarmasin dua orang, Karantina Provisi 19 orang, dan menjalani isolasi mandiri 13 orang,” paparnya. 

Selain kasus aktif, lanjut wanita ramah itu, di Batola juga terdapat lima kasus suspek, satu orang probable, dan 62 kasus kontak erat.

Selain melaporkan pasien terkonfirmasi positif dan pasien sembuh, Azizah juga membeberkan peta sebaran kasus COVID-19 di Bumi Ije Jela. 

Dari 17 kecamatan se-Batola, sebutnya, terdapat delapan kecamatan berzona merah diantaranya,  Kecamatan Marabahan, Barambai, Rantau Badauh, Belawang, Anjir Pasar, Mandastana, Alalak dan Tamban. 

"Sedangkan zona kuning dialamai Kecamatan Bakumpai dan Cerbon,"jelasnya.   

Sementara zona hijau, papar dia,  terdapat tujuh  kecamatan yakni, Kuripan, Tabukan, Wanaraya, Jejangkit, Anjir Muara, Mekarsari dan Tabunganen. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020