Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 1.621 orang caloh haji jemaah asal Kalimantan Selatan, saat ini sudah berada di tanah suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji tahun 1435 Hijriah.


"Sudah lima kloter atau sebanyak 1.621 calon haji (calhaj) asal embarkasi Banjarmasin, Kalsel, berada di Mekkah saat ini," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel, H Muhammad Tambrin, di Banjarmasin, Rabu.

Ia menerangkan, saat ini calhaj jamaah asal Kalsel rata-rata sudah melaksanakan ibadah umrah atau umrah pertama dengan melakukan tawaf dan beribadah di Baitullah Masjidil Haram, Mekkah.

"Kita mendapat kabar, tidak ada kondisi kesehatan calhaj jamaah asal daerah kita yang menghawatirkan. Alhamdulilah secara umum sehat," papar mantan Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalsel itu.

Menurut dia, jamaah haji Kalsel yang berangkat pada kloter enam, yakni gabungan dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, Tabalong, dan Kabupaten Banjar yang diterbangkan dini hari tadi dinyatakan sudah sampai di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, dan kini sudah berada di Mekkah.

"Untuk kloter ke-6 calhaj tersebut ditempatkan di wilayah Raudah sekitar 1.930 Meter - 3.400 Meter (m) dari Masjidil Haram," ungkapnya.

Menurut dia, calhaj jamaah Kalsel ditempatkan berbeda-beda wilayah, yakni kloter satu di Jarwal sekitar 1.040 - 2.720 M dari Masjidil Haram, kloter dua di Mahbas Jin sekitar 1.560 - 2.720 M, kloter tiga di Raudah sekitar 1.930-3.400 M dari Masjidil Haram, dan kloter lima di Aziziah sekitar 2.200-3.880 M dari Masjidil Haram.

"Sementara itu, satu kloter jamaah haji asal Kalteng yang berangkat dari embarkasi Banjarmasin di kloter empat kemarin (23/9) berada di wilayah Aziziah pula pemondokannya," ucapnya.

Untuk kloter ke-7 diberangkatkan melalui embarkasi Banjarmasin kembali calhaj jamaah dari Kalimantan Tengah (Kalteng) sekitar pukul 04.25 Wita.

Sedangkan kloter ke-8 calhaj jamaah asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel dan Kota Banjaramsin diberangkatkan 25 September 2014 pukul 13.30 Wita. "Saat ini sudah berada di Asrama Haji Kalsel," ucapnya.   

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014