Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Panitia pelaksanaan Hari Nusantara di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, menyiapkan sekitar 600-700 rumah penduduk untuk para tamu yang hadir dalam acara puncak peringatan di Taman Siring Laut pada 13 Desember 2014.


Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Arsyadi di Banjarmasin, Selasa mengungkapkan saat ini panitia dari Pemprov bersama Pemkab Kotabaru terus mematangkan pelaksanaan Hari Nusantara tahun 2014.

"Ini merupakan even nasional, dan kebanggaan bagi Kalsel untuk bisa menyelenggarakannya, hendaknya panitia bisa menyiapkan segala sesuatunya dengan baik," katanya.

Sebelumnya, pada rapat persiapan hari Nusantara tahun 2014, Senin (22/9), Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Suriansyah memperkirakan ada sekitar 4 ribu tamu yang akan hadir pada peringatan Hari Nusantara tahun 2014.

Guna menampung seluruh tamu tersebut, kata dia, pihaknya telah menyiapkan 600 hingga 700 rumah penduduk di Kotabaru yang bisa dijadikan tempat bermalam bagi para tamu yang akan hadir.

"Kami juga telah melebarkan Siring Laut Kotabaru hingga 90 X 100 meter. Insya Allah, akhir November ini sudah selesai pengerjaannya dan bisa digunakan," katanya.

Terkait penginapan bagi para tamu, termasuk rombongan Presiden atau Wakil Presiden RI bersama beberapa menteri, panitia juga telah berkoordinasi dengan pihak hotel dan penginapan baik di Banjarmasin, Kotabaru dan Tanah Bumbu.

"Panitia juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kotabaru dan Tanah Bumbu," katanya.

Peringatan Hari Nusantara didasarkan pada Deklarasi Djuanda mengenai wilayah perairan Negara Republik Indonesia yang ditetapkan pada 13 Desember 1957.

Peringatan Hari Nusantara bertujuan mengubah pola pikir bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut.

Selain itu, juga menjadikan bidang kelautan sebagai arus utama pembangunan nasional, menghasilkan pembangunan berintegrasi bagi kepulauan terluar dan/atau terpencil, serta mewujudkan Indonesia menjadi negara maritime yang mampu mengelola potensi sumber daya alam laut untuk kesejahteraan masyarakat dan disegani dunia.

Peringatan Hari Nusantara tahun 2014 mengambil tema "Membangun Nusantara dengan Inovasi Maritim Anak Bangsa".

  Lingkup kegiatan Hari Nusantara tahun 2014, seperti membangkitkan wawasan dan budaya bahari, mengembangkan keterpaduan pembangunan kelautan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, melakukan bakti sosial dan layanan masyarakat, serta meningkatan dan menguatkan inovasi teknologi kelautan.   

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014