Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan  HM Sukamta kembali menyerahkan secara simbolis Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada 1.038 orang pelaku usaha mikro produktif  di Tanah Laut terdampak COVID-19, di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Senin (19/10).

Bupati Tanah Laut HM  Sukamta menyampaikan, BPUM bukan dana insentif untuk menambah modal para pelaku usaha mikro, namun untuk membangun kembali perekonomian merosot akibat pandemi COVID-19 saat ini.

“Ini adalah bantuan presiden untuk penambahan modal kepada pelaku usaha mikro terdampak COVID-19. Jadi gunakan benar-benar untuk menambah modal. Jangan dibelikan ke handphone atau hal lainnya,”ujar Sukamta.

Sukamta juga mengatakan,  dari proses usulan sampai cash diterima, tidak ada pungutan dilakukan sekecil apapun. 

“Uang yang diterima Rp 2,4 juta tanpa ada potongan apapun dan usulan masih dapat diterima sampai bulan November, ayo para ibu bapa camat, lurah atau kepala desa masih bisa diusulkan penambahan penerima bantuan ini,”jelasnya.

Sukamta menjelaskan, bantuan tersebut ketiga kali dan sampai saat ini ada 8.200 penerima siap salur dan 3.000 penerima lagi telah lolos verifikasi.

"Jadi 8.200 kita salurkan terlebih dahulu, mudahan bantuan ini dapat membantu perekonomian di Kabupaten Tanah Laut.  Para pelaku usaha kemarin modalnya terpakai untuk kebutuhan rumah tangga, kembali mendapatkan modal,”jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan Tanah Laut H Syahrian Nurdin  mengatakan, untuk Kabupaten Tanah Laut sebanyak 13.700 nama  diusulkan sebagai penerima BPUM .

 “Total diusulkan  sebanyak 13.700 penerima, hampir dipastikan penerima BPUM diatas 10 ribu penerima,”ujarnya.

Salah satu penerima BPUM Taufiq mengatakan,  dirinya sangat bersyukur mendapat bantuan tersebut, 

“Alhamdulillah saya mendapat bantuan ini, tentunya saya sangat senang karena sebelumnya usaha saya sekarat karena penjualan sempat sepi karena virus corona. Sekarang saya sudah punya modal lagi,”ungkapnya.

Kegiatan itu dihadiri  Asisten Manager Pemasaran Bank BRI Cabang Pelaihari Made Oktoda Subroto, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah serta camat dan lurah se-Tanah Laut.
Bupati Tanah Laut HM Sukamta kembali menyerahkan secara simbolis Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada 1.038 orang pelaku usaha mikro produktif  di Tanah Laut terdampak COVID-19, di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Senin (19/10).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020