Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan terus meningkatkan wirausaha dikalangan generasi muda.

Seiring Peringatan Sumpah Pemuda ke 21 Pengurus KNPI Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali melaksanakan Seminar kewirausahaan bagi pemuda.

"Kegiatan seminar ini merupakan tindak lanjut kegiatan-kegiatan kewirausahaan yang dilakukan KNPI sebelumnya karena kami konsisten dan serius meningkatkan jiwa wirausaha dan kemandirian pemuda," ujar Ketua KNPI HSU Almien Ashar Safari di Amuntai, Sabtu.

Almien mengatakan, pihaknya mengangkat tema seminar Membangun Pemuda Yang Kreatif dan inovatif Ciptakan Inovasi bisnis. Ia berharap pemuda yang menggeluti wirausaha dapat menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran dengan membuka lapangan kerja.

Bupati HSU sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) H Fajeri Ripani sangag menyadari pentingnya peran pemuda dalam mendukung program pembangunan.

"Pemuda yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan peluang bisnis jelas sangat 
mendukung dan membantu pamerintah dalam menjalankan program pembangunan," kata Fajeri Ripani.
 
Ketua dan Pengurus KNPI HSU dan Kalsel bersama Ketua PKK Hj Anisah Rasyidah. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Menurutnya para pemuda berperan pula dalam mewujudkan visi HSU MANTAP  (Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis, Produktif).

Ketua KNPI Kalimantan Selatan  Fazlur Rahman sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan KNPI HSU yang secara konsisten meningkatkan peran pemuda dan organisasi pemuda didaerahnya.

"Khususnya membangun wirausaha dikalangan pemuda sangat tepat apalagi saat ini banyak dibangun berbagai usaha dan network merupakan peluang kerja bagi pemuda kita," kata Fazlur.

Menurutnya melalui wirausaha bisa dibuka banyak lapangan kerja yang tidak bisa dilakukan apabila generasi hanya terfokus menjadi pegawai negeri atau pegawai swasta.

Bertempat di Aula Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten HSU, seminar turut dihadiri Ketua TP PKK Hj Anisah Rasyidah Wahid dengan nara sumber Ir.H.Nazaruddin  M.IP dari Dispopar HSU dan M.Supian Akbar, Bsc dari KNPI Kalsel.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020