Tim gabungan yang terdiri dari personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin, Satpolairud Polresta Banjarmasin dan Ditpolair Polda Kalsel melaksanakan pengamanan di perairan sungai Martapura saat unjuk rasa mahasiswa di depan DPRD Kalsel.

Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto mengatakan, kehadiran personelnya untuk mempertebal kekuatan membantu polisi mengamankan aksi demo.

Menurut dia, wilayah perairan wajib pula dijaga mengantisipasi kerawanan yang mungkin muncul dari sungai dekat titik demo tersebut.

"Adapun tujuan dilaksanakan pengamanan di air adalah untuk mengantisipasi adanya kerawanan dan hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya massa penyusup yang membawa barang berbahaya," tuturnya.
Prajurit Lanal Banjarmasin turut mengamankan wilayah Sungai Martapura saat aksi unjuk rasa. (ANTARA/Firman)


Kemudian pergerakan massa mendadak melalui sungai ataupun ada massa saat melakukan aksi orasi jatuh ke sungai sehingga bisa teratasi dengan cepat untuk diberikan pertolongan.

"Saya selalu berkoordinasi dengan Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta dan Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan sebagai wujud sinergi dan soliditas TNI-Polri dalam tugas pengamanan," tandas Danlanal.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020