Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kebakaran kembali melanda wilayah Kota Banjarmasin,  sekitar pukul 14.22 WITA di Jalan Pekauman Gang 9 Oktober empat rumah warga dilaporkan hangus dilalap api.


Menurut Kasi Pencegahan Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kebakaran Kota Banjarmasin Zuliasyah, empat rumah warga yang terbakar itu berada di RT 9 dan RT 7.

"Alhamdulilah tidak ada korban, namun harta benda 4 KK hampir tidak ada yang bisa diselamatkan," ujarnya.

Api baru bisa dipadamkan sekitar setengah jam setelah ratusan pemadam kebakaran berdatangan menolong. "Untung para pemadam kebakaran cepat datang memadamkan api, kalau tidak akan lebih banyak lagi rumah warga yang terbakar, karena angin cukup kencang saat itu," ucapnya.

Dari data yang pihaknya teriama, kata Zulinasyah, empat korban yang rumah yang terbakar itu milik Sapri, Fendi, Ilhamuddin, dan Sani. "Masih diselidiki awal apai dan penyebabnya," terangnya.

Dinyatakan Zuliansyah, bahwa data kebakaran ini sudah pihaknya sampaikan kepada Walikota Banjarmasin dan juga bagian Kesra Pemkot setempat, untuk ditindaklanjuti pemberian bantuan sebagai usaha meringankan korban kebakaran yang tertimpa musibah.

"Pemkot biasanya akan memberikan bantuan berupa dana bagi rumah yang tertimpa musibah dengan kondisi rusak parah sebesar Rp2,5 juta, ditambah bahan makanan dan tenda," tuturnya.

Dia berharap, warga Kota Banjarmasin untuk terus waspada kebakaran, sebab dalam minggu=minggu ini, sudah beberapa kali terjadi musibah kebakartan, yang sebabnya karena kelalaian warga sendiri, yakni, lupa mematikan kompor atau lilin saat meninggalkan rumah, juga arus pendek listrik karena kabel listrik di rumah tidak kualitas standar.

"Apalagi ini musim kemarau, sangat harus diwaspadai uang bisa memicu terjadinmya kebakaran," pungkasnya. 

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014