Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta melakukan kunjungan ke Kampung Sasirangan di Kelurahan Sei Jingah Kota Banjarmasin, Jumat (16/10) pagi.

Kedatangan Kapolda di dampingi 
Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono untuk melihat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)  dalam rangka pencanangan penggunaan pakaian kain sasirangan bagi anggota Polda Kalsel.

"Batik khas Kalimantan Selatan bernama sasirangan yang merupakan budaya lokal patut untuk dibanggakan. Selaku Kapolda, saya mendukung budaya lokal batik kain sasirangan dengan menginstruksikan seluruh anggota khususnya personil Reserse dan Intel dari tingkat Polda, Polres hingga Polsek dan Bhabinkamtibmas wajib setiap hari Jumat menggunakan sasirangan,” ucap Kapolda.

Dengan anggota menggunakan sasirangan, lanjut Kapolda, pastinya istri, anak dan keluarganya pun tentu akan menggunakan pakaian serupa.

Kapolda menambahkan, setiap ada kunjungan ke daerah di Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin pastinya warga akan diarahkan ke Kampung Sasirangan yang berada di Kelurahan Sei Jingah guna membudayakan, mengharumkan dan melestarikan budaya lokal Kalimantan Selatan ini.

“Saya kira dengan kita bersama-sama antara pemerintah daerah, Polri dan TNI dalam memperhatikan budaya dan UMKM tentunya ekonomi daerah akan meningkat dan berjalan dengan baik khususnya di situasi pandemi COVID-19,” tuturnya.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta membagikan sembako dan masker di Kampung Sasirangan di Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Selain itu, kehadiran Kapolda Kalsel di Kampung Sasirangan ini juga untuk mendorong para Kapolres di jajaran  untuk perhatian kepada budaya lokal serta meningkatkan kegiatan ekonomi lokal sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian secara keseluruhan.

Tidak hanya Kain Batik Sasirangan saja yang dilihat Kapolda Kalsel, nanti kedepannya orang nomor satu di Polda Kalsel ini juga melihat industri makanan kecil seperti ikan yang diawetkan, madu yang dapat memperkuat tubuh dalam menghadapi wabah COVID-19.

Pada kunjungan ini Kapolda juga berkesempatan memberikan tali asih berupa 60 kotak sembako dan 300 pcs masker kepada perwakilan perajin sasirangan dan kuliner Kota Banjarmasin.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020