Kotabaru, (Antara) - Wakil Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan, H Rudy Suryana, menyatakan, TNI Angkatan Darat berperan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), juga siap membangun daerah bersama-sama pemerintah daerah.


"Kami salut dengan TNI AD Indonesia, tidak hanya memangku beban untuk menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI, akan tetapi juga siap turun membantu rakyat yang membutuhkannya," kata Wakil Bupati, usai menghadiri Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-93, Rabu.

Menurut Rudy, program TMMD sudah diselaraskan dengan program pembangunan pemerintah Kotabaru, untuk membantu mempercepat pemerataan pembangunan di daerah.

Sebelumnya, Komando Distrik Militer (Kodim) 1004, Kotabaru, menjalin kerja sama dengan Pemkab Kotabaru, untuk mensukseskan program cetak sawah 500 Hektare di Pulau Sebuku.

Program cetak sawah baru tersebut melibatkan perusahaan tambang batu bara PT. Bahari Cakrawala Sebuku, seperti pengadaan saluran air, pembangunan jalan usaha tani dan upaya penguatan kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Khairudin, menawarkan kepada masyarakat di Pulau Sebuku, apabila masih ada lahan kosong dan mau dibuka menjadi lahan sawah, pihaknya siap memfasilitasi masyarakat.

  "Kotabaru periode 2014 dituntut untuk produksi beras sebesar 90.000 ton, maka dari itu kita terus kembangkan pertanian di daerah," paparnya.   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014