Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta menargetkan pembangunan gedung baru Polda Kalsel di Kota Banjarbaru dapat dimulai tahun 2022 mendatang.

"Ini memang rencana sudah lama dan lahannya sudah ada di area perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, sekarang coba kita matangkan dan realisasikan secepatnya," terang dia di Banjarmasin, Senin.

Rencana pembangunan gedung baru itupun disampaikan Kapolda kepada Tim Komisi III DPR RI dalam kunjungannya ke Polda Kalsel. Menurut Nico, wakil rakyat di Senayan itu dapat mendukung terkait pengusulan anggarannya.

Dijelaskan Kapolda, bangunan Polda lama di Jalan S Parman Banjarmasin akan dijadikan Markas Polresta Banjarmasin.

Sedangkan Polresta Banjarmasin di Jalan Ahmad Yani Km 3,5 Banjarmasin, bakal dijadikan Rumah Sakit Bhayangkara Hoegeng Imam Santoso Banjarmasin seluruhnya.

"Jadi pembangunan Polda Kalsel yang baru ini tidak hanya berdampak bagi personel namun masyarakat secara keseluruhan karena keberadaan rumah sakit sekarang sangat penting dalam pelayanan kesehatan," tandasnya.
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta bersama Ketua Tim Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa (ANTARA/Firman)


Lebih jauh Nico mengutarakan, Banjarbaru yang menjadi markas Polda Kalsel yang baru akan terus berkembang menjadi kota besar di Kalimantan Selatan.

Sehingga mulai sekarang Polda Kalsel harus mempersiapkan perubahan arah pembangunan kedepan tersebut agar tak ketinggalan.

"Kita berpikirnya untuk jangka panjang 10 hingga 15 tahun ke depan. Kalau tidak dimulai sekarang nanti terlambat," pungkas jenderal bintang dua itu.

Sementara Ketua Tim Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa mengaku mendukung sepenuhnya apa yang direncanakan Polda Kalsel dalam perubahan infrastruktur kedepan.

"Kalau untuk menunjang kinerja pasti kami dukung. Nanti rapat dengan Kapolri dalam pengusulan anggaran kami sampaikan. Sesuai target Kapolda tahun 2023 rampung, mudah-mudahan bisa diwujudkan," katanya.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020