Paringin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 211 warga Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, mendapatkan bantuan stimulan perumahan dari pemerintah kabupaten setempat bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat RI.


Bupati Balangan Sefek Effendie di Paringin, Rabu, mengatakan bantuan perumahan bagi warga Kecamatan Lampihong bertujuan memberikan masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah yang lebih layak.

"Masih banyak masyarakat kita yang belum memiliki rumah layak karena itu pemerintah kabupaten bekerja sama dengan Kementerian Perumahan melaksanakan program bantuan perumahan, salah satunya bagi 211 warga Kecamatan Lampihong," katanya.

Pada 2014, bantuan diberikan kepada masyarakat di empat desa di Kecamatan Lampihong, yaitu Desa Jimamun, Lajar, Tanah Habang Kanan, dan Tanah Habang Kiri.

Sefek berharap, bantuan tersebut bisa digunakan oleh warga sebagaimana mestinya dan pembangunannya harus selesai dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

"Guna menghemat dana perbaikan rumah, sebaiknya dikerjakan secara gotong-royong sekaligus memupuk rasa kepedulian dari masyarakat sekitar," katanya.

Kelompok penerima bantuan stimulan perumahan swadaya pun, katanya, harus saling berkoordinasi agar dapat secara optimal memanfaatkan dana bantuan yang diberikan.

"Termasuk bisa menghargai bantuan yang telah diberikan dengan cara memelihara rumah hasil perbaikan agar dapat digunakan dalam waktu lebih lama," katanya.

Satu desa yang masuk prioritas penerima bantuan stimulan perumahan swadaya oleh Kementerian Perumahan Rakyat RI, yaitu Desa Batu Merah yang akan direalisasikan pada 2015.

"Besar bantuan diberikan sesuai kategori warga yang berpenghasilan rendah, yakni Rp7 juta, sedangkan warga yang tidak berpenghasilan mendapatkan bantuan lebih besar, yaitu Rp15 juta," katanya.

  Penyerahan bantuan stimulan perumahan swadaya itu, dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Lampihong oleh bupati setempat, dengan dihadiri kepala satuan kerja perangkat daerah lingkup Balangan serta forum koordinasi pimpinan daerah setempat.    

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014