Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta mengatakan, Program Genta Sambung Rasa (Generasi Tangguh dari Siswa Menabung untuk Rakyat Sejahtera) dapat memberikan edukasi pada generasi milenial agar dapat mengelola keuangan secara baik dan memberikan pengetahuan dasar untuk lebih mengenal terhadap dunia perbankan. 

“Dengan adanya kegiatan ini dapat mengedukasi pengelolaan keuangan sejak dini dan membuat generasi milenial tidak boros, tidak berfoya-foya, generasi yang tangguh dan dapat memiliki visi untuk membangun Kabupaten Tala yang lebih maju,” harap Bupati Tanah Laut HM Sukamta,  saat menyampaikan sambutan pada acara Peluncuran/Kick Off Pembukaan 1000 Rekening Simpanan Pelajar (Simpel) Program Genta Sambung Rasa,  di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut, Kamis (8/10).

Sukamta juga mengatakan,  program tersebut merupakan tindak lanjut dari program satu rekening satu pelajar (kejar) yang merupakan salah satu bentuk aksi Indonesia menabung sebagai implementasi Keputusan Presiden Nomor: 26 tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung. 

Dalam implementasinya, sebut dia, program kejar dapat menggunakan produk simpel atau produk tabungan anak yang telah dimiliki oleh bank. 

Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, sebut dia,  telah mengeluarkan surat edaran mendorong pelajar untuk memiliki rekening tabungan pelajar di bank dengan nama Genta Sambung Rasa yang bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perbankan di daerah tersebut.

Lebih lanjut bupati  menuturkan,  dari 54.000 pelajar di Tanah Laut, sekitar 7.000 pelajar sudah memiliki rekening tabungan.

Dia menargetkan,  90 persen dari 54.000 pelajar di daerah itu  sudah memiliki rekening tabungan.

“Karakter generasi milenial menjadi salah satu dasar dapat memperkuat perekonomian Indonesia dimasa depan,” ucapnya.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala OJK Regional IX Kalimantan Riza Aulia Ibrahim, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tanah Laut, para pimpinan Perbankan Tanah Laut. 

Selain itu, juga hadirv para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah lingkup Pemkab Tanah Laut serta tamu undangan lainnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020