Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Suka cita para angkasawan/angkasawi LPP Radio Republik Indonesia  (RRI) Banjarmasin, Kalimantan Selatan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RRI ke-69 sangat terasa di Auditorium RRI di Jalan A Yani KM 4, Kamis (11/9). Ultah RRI lebih setengah abad itu ditandai dengan penyulutan obor yang dinamai obor Tri Prasetya.

"Menyalakan obor Tri Prasetya ini dilakukan LPP RRI di seluruh tanah air, bertepatan pada pukul 12.00 WITA," ujar Kepala LPP RRI Banjaramasin, La Sirama, saat menyulut obor tersebut.

Disaksikan unsur muspida, baik di Pemkot Banjarmasin maupun Pemprov Kalsel, La Sirama menyatakan, penyulutan obor Tri Prasetya ini merupakan gambaran tekad kerja para angkasawan/angkasawati RRI dalam menyuarakan perjuangan rakyat dengan semboyan “ Sekali di Udara Tetap di Udara’’.

Menurut dia, di tengah kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, RRI Banjaramsin terus berbenah diri mengikuti perkembangan zaman, baik dari aspek konten, kemasan siaran maupun teknologi penyiaran.

Terbukti kata La Sirama, RRI Banjaramsin tidak hanya dapat diakses melalui pesawat radio manual, tetapi juga dapat didengarkan melalui telepon selular dengan mengakses RRI Play dan dapat pula didengarkan melalui audio streming .

Selain itu terus dilakukan peningakatan jangkauan siaran agar bisa didengarkan oleh masyarakat hingga  pelosok daerah. "Karena sekarang ini kita memiliki pemancar berkekuatan 15 KW," ucapnya.

Untuk memperkuat jangkauan pendengar di pelosok, RRI juga menempatkan pemancar berkisar 100 sampai 200 Watt yang ditempatkan di wilayah Kotabaru, Batulicin, Amuntai, dan Kandangan. "Saat ini bisa dikatakan, 70 persen wilayah Kalimantan Selatan sudah bisa mendengarkan siaran RRI kita," ungkapnya.

Dia berharap, pada Ultah RRI ke-69 ini, RRI selalu jaya di hati dan di telinga rakyat sebagai radio pilihan mereka untuk mengetahui informasi daerah, nusantara, dan mancanegara.

Dalam kesempatan itu, La Sirama, menyinggung kegaiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka menyabut Hut ke-69 tahun ini, diantaranya kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI Kalsel dan Kota Banjarmasin serta TNI dan polri.

"Termasuk juga kita menggelar gerak jalan sehat Indonesia yang diikuti sekitar 2000 peserta, bekerjasama dengan Bank Kalsel, BPJS, dan Bupati Banjar," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014