Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengharapkan berita menyejukkan dari media di masa pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini.

Hal itu disampaikannya saat silaturahmi bersama insan pers Kalimantan Selatan di Summer Bed and Breakfast Hotel Banjarmasin, Rabu siang.

Menurut Danrem, media memiliki peranan penting dalam menjaga situasi keamanan tetap kondusif. Untuk itulah, setiap berita yang dimunculkan harus memunculkan semangat kebersamaan dan menjaga perdamaian.

"Kalau ada gesekan ya didinginkan. Jangan dipanas-panasi. Pers harus mengedukasi masyarakat dan memberikan pencerahan. Tentunya netralitas juga penting dalam pemberitaan," tutur jenderal bintang satu itu.
Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menggelar silaturahmi bersama insan pers Kalimantan Selatan. (ANTARA/Firman)


Diakui Firman, setiap wilayah memiliki potensi kerawanannya masing-masing. Jajaran Korem pun sudah memetakannya. Dia pun meminta para Dandim proaktif melakukan pemantauan setiap dinamika yang terjadi.

Meski begitu, dia yakin masyarakat Kalimantan Selatan sudah sangat dewasa dalam berpolitik. Bahkan, setiap gelaran pilkada termasuk pilpres tahun lalu, sukses dilalui dengan aman dan damai tanpa gesekan sedikit pun.

"Masyarakat di Bumi Antasari dikenal cinta damai dan tidak mudah dipengaruhi berita hoaks. Jika pun ada isu-isu yang dimunculkan, kami TNI bersama Polri siap meredamnya," tandas Danrem.

Korem 101/Antasari jajaran Kodam VI/Mulawarman menyiapkan sebanyak 231 prajuritnya membackup Polda Kalsel untuk pengamanan hari pencoblosan pilkada serentak 9 Desember 2020 yang tergelar di tujuh kabupaten dan kota serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020