Pelaksanaan Program TMI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di tengah cuaca panas menyengat ditambah masih terjadinya Pamdemi COVID-19 membuat Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui Dinas Kesehatan menerjunkan Tim Medis dan membangun pos kesehatan dilokasI TMMD di Desa Sarang Burung Kecamatan Danau Panggang.

"Alhamdulillah, tim medis menyediakan obat-obatan termasuk suplemen bagi warga dan satgas TMMD untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh demi mensukseskan pelaksaan TMMD," ujar Komandam SSK TMMD ke 109 Kapten Inf Macmud Dalli di Amuntai, Senin (28/9).

Macmud mengatakan, bagaimana pun kondisi kesehatan warga dan anggota satgas TMMD lebih diprioritaskan, penerapan protokol kesehatan juga dijalankan guna mencegah penyebaran COVID 19.

Terlebih cukup padatnya jadwal pelaksaan TMMD yang hanya satu bulan membuat pelaksanaan pekerjaan fisik harus dikebut sehingga cukup menguras tenaga para anggota satgas dan warga yang membantu dalam pengerjaannya.
 
. (Antaranews Kalsel/ Humas Kodim 1001 HSU/Eddy A)

"Salah satu program yang menjadi prioritas untuk dikebut adalah pengerjaan penimbunan jalan sepanjang 250 meter yang menghubungkan Desa Sarang Burung ke Desa Teluk Mesjid Kecamatan Danau Panggang," kata Machmud.

Pembangunan jalan darat ini sangat didambakan oleh warga di desa 3T (terluar, tertinggal dan terpencil) ini untuk membuka terisoliran.

Satgas juga harus bekerja ekstra membawa material bangunan ke lokasi TMMD karena daerahnya yang terpencil hanya bisa diakses menggunakan sarana transportasi roda dua saja.

"Meski pekerjaan harus cepat dilakukan, namun kesehatan warga dan anggota satgas kita prioritaskan, apalagi ditengah Pamdemi COVID 19," tegasnya.

Machmud yang juga menjabat Danramil Amuntai Utara ini bersyukur hingga memasuki hari ke delapan pelaksaan TMMD kondisi warga yang bekerja membantu anggota Satgas tetap terlihat bugar dan bersemangat.

Meski.demikian, kata Machmud, warga dan anggota Satgas TMMD yang bekerja membangun sarana infrastruktur tetap.disarankan mengkonsumsi.suplemen, cek kesehatan dan istirahat yang cukup demi menjaga kesehatan dan mencegah pemyakit.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020