Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan cukup kaya akan objek wisata religi namun sayang keberadaan objek wisata ini belum tergarap maksimal.

Anggota DPR RI Bambang Hery Purnama dari dapil Kalimantan Selatan menaruh perhatian kepada objek wisata religi ini dan berharap Pemkab setempat mengembangkannya secara bertahap.

"Pengembangan objek wisata religi akan berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar," ujar Bambang di Amuntai, Sabtu (26/9).

Bambang mengatakan, pengembangan objek wisata khususnya dari aspek infrastruktur jalan yang mudah diakses sangat membantu dalam pengembangan wisata.

Salah satu objek wisata religi yang dikunjungi Bambang akhir pekan kemaren adalah Makam Ulama pejuang Sayid Sulaiman yang dikenal dengan sebutan cukup aneh yakni 'Satu Badan Dua Kubur.
 
Anggota DPR RI Bambang Hery Purnama bersama Bupati HSU berziarah ke Makam Sayid Sulaiman yang merupakan objek wisata Religi di Desa Murung Karangan, Sabtu (26/9) (Antaranews Kalsel/Humas Polres HSU/Eddy A)

Akses jalan sepanjang 200 meter menuju lokasi makam ini di Desa Murung Karangan Kecamatan Amuntai Utara juga mendapat perhatian dari Bambang.

Didampingi Bupati HSU H Abdul Wahid HK seusai meresmikan Laboraturium PCR di Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai, Bambang menyempatkan berziarah dan bersilaturrahim dengan warga sekitar makam.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK mengaku bersyukur mendapatkan kunjungan langsung dari anggota DPRD-RI. Wahid juga berterima kasih karena Bambang mendonasikan dana untuk pembangunan kubah dan jalan menuju makam Sayid Sulaiman.

"Insya Allah pemerintah daerah secara bertahap akan melakukan perbaikan terhadap objek-objek wisata yang ada," kata Wahid.
 
Anggota DPR RI Bambang Hery Purnama. (Antaranews Kalsel/Humas Polres HSU/Eddy A)

Sekdes Murung Karangan, Abdiansyah menerangkan, rencananya pembangunan jalan dan rehab kubah dianggarkan melalui APBDes, namun adanya Pandemi COVID 19 membuat pemerintah desa mengalihkan dana yang ada untuk bantuan sosial BLT kepada warga yang terdampak.

"Namun kita bersyukur mendapat perhatian dari pemerintah daerah dan anggota DPR RI semoga ke depan pengembangan objek wisata Makam Sayid Sulaiman ini akan semakin baik," pungkasnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020