Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta mengukuhkan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) yang siap mengawal Pemilihan kepala daerah (Pilkada) kondusif di masa pandemi COVID-19.

"Pokdarkamtibmas terdiri dari berbagai elemen masyarakat yang bertugas membantu memelihara kamtibmas di tahun politik ini," terang Nico di Banjarmasin, Kamis.

Khusus di situasi pandemi, ungkap Nico, Pokdarkamtibmas menjadi bagian dari pelopor penegak disiplin protokol kesehatan dengan harapan menjadi roda penggerak penanganan COVID-19.

“Apabila COVID-19 telah bisa kita ditangani, maka keamanan dan ketertiban masyarakat secara keseluruhan juga bisa terjaga dan ekonomi bisa berjalan dengan baik,” tutur jenderal bintang dua itu.

Kemudian kehadiran Forkopimda Kalsel dalam pengukuhan Pokdarkamtibmas, menurut Kapolda, menjadi bagian penting bahwa pemda mendukung adanya kebersamaan masyarakat dengan pemerintah dalam penanganan COVID-19.
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta mengukuhkan Pokdarkamtibmas. (ANTARA/Firman)


Sementara Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengapresiasi pembentukan Pokdarkamtibmas Daerah Kalimantan Selatan Periode 2020-2024.

Dia berharap kepengurusan Pokdarkamtibmas yang dibina Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta dan Direktur Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Widiatmoko selaku Dewan Pembina dapat berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban khususnya dalam situasi pandemi serta Pilkada Serentak 2020 saat ini.

"Tentu kita inginkan situasi kamtibmas terjaga kondusif. Kehadiran Pokdarkamtibmas menambah kekuatan dari masyarakat yang proaktif berperan di dalamnya," tandas gubernur.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020