Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dalam peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-494 Kota Banjarmasin pada tahun 2020 ini mengharapkan kotanya makin tangguh menghadapi pandemi COVID-19.

"Bersyukur kita dapat memperingati Harjad kota kita yang ke-494, banyak harapan dalam menghadapi masa pandemi COVID-19, moga kota kita makin tangguh," ujarnya usai mengikuti rapat paripurna DPRD Kota setempat dalam perayaan Harjad di gedung dewan kota, Kamis.

Ibnu Sina dan unsur pimpinan daerah yang memakai pakaian adat Banjar demikian juga para anggota dewan pada rapat paripurna istimewa peringatan Harjad ke-494 bertepatan 24 September 2020 tersebut berharap semua bersama menghadapi masa pandemi ini.

"Kita semua harus tangguh menghadapi segala cobaan ini," ucapnya.

Karena cobaan ini, ujar Ibnu Sina, adakah cambuk dari kemajuan yang ingin dicapai Kota Banjarmasin.

Sesuai dengan tema pada Harjad ke-494 ini, sebagai kota inklusif, tangguh dan berkelanjutan.
Peringatan Harjad ke-494 Kota Banjarmasin.(Antaranews Kalsel/Humas Pemkot Banjarmasin)

"Inklusif artinya kota ini dibangun harus partisipasi semua pihak, ini adalah isu New Urban Agenda (NUA) di kota-kota di Asia Pasifik," bebernya.

Kemudian untuk berkelanjutan, terangnya, ini terkait isu Sustainable Development Goals (SDGs) pada kota-kota dunia.

"Kota kita berharap hingga tahun 2030 menjadi kota eksis, tahan, tangguh dan hijau serta nyaman dan sebagainya," ujar Ibnu Sina.

Sementara itu menjadi kota tangguh, kata Ibnu Sina, karena masa pandemi COVID-19 ini, baik aspek sosial, kesehatan dan ekonomi.

"Jadi ini yang harus kita hadapi bersama diusia kota kita yang sudah 494 tahun ini," tutupnya.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Harry Wijaya mengatakan, bahwa tahun ini merupakan tahun yang berat bagi Kota Banjarmasin karena masa pandemi COVID-19.

Sehingga, ujar dia, semua harus bahu membahu untuk mengatasinya, tidak hanya menjaga ekonomi tetap stabil, tapi juga kesehatan.

"Semua harus waspada, jaga protokol kesehatan, kalau bersama kita disiplin, pandemi ini berakhir, maka Banjarmasin kembali bangkit, hingga pembangunan kembali maksimal berjalan," pungkasnya.




 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020