Banjarmasin,  (AntaranewsKalsel) - Sebanyak 5.877 calon mahasiswa (cama) Univesitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin mengikuti Program Persiapan Belajar (P2B) dan Pendidikan Karakter (Penkar) mulai 1 September 2014 selama tiga hari.

Saat pembukaan P2B dan Penkar di depan Raktorat Unlam Banjarmasin, Senin, Pembantu Rektor I perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut Prof Dr HM Hadin Muhjad SH, MHum mengajak bersyukur kepada semua civitas akademiknya, termasuk pada cama.

Pasalnya, Unlam yang merupakan kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel), kini sudah bisa meraih Nilai Akreditasi Institusi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), yang semula baru C, ungkapnya.

Dengan Akreditasi B tersebut, ia berharap, akan lebih memotivasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Kalsel khususnya dan Indonesia pada umumnya, serta menyongsong dunia kerja pada masa mendatang.

"Kita semua harus menyadari bahwan Unlam milik kita semua, dan wajib kita jaga dengan melakukan berbagai upaya, kerja sama semua pihak untuk menumbuhkembangkan agar selalu unggul di berbagai ajang kompetisi global," ajaknya.

Karena itu, Pembantu Rektor (Purek) Unlam Bidang Akademis tersebut berharap, agar semua camanya betul-betul memanfaatkan dengan sebaik-baiknya P2B serta Penkar yang berlangsung relatif pendek.

Pada kesempatan itu, atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika Unlam, dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan, partisipasi dan kerja samanya bagi kemajuan dan kesuksesan PTN tertua di Kalsel ini.

P2B dan Penkar itu bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa baru Unlam tentang pendidikan tinggi agar dapat menyiapkan diri untuk menghadapi proses belajar di perguruan tinggi.

Materi P2B dan Penkar itu antara lain pendidikan karakter, pengenalan nilai budaya, tata krama dan etika di perguruan tinggi, serta cara belajar di perguruan tinggi.

Kegitan P2B dan Penkar Unlam 2014 berlangsung pada dua tempat, yait di Kampus Kayu Tangi, Jalan Brigjen Hasan Basry Banjarmasin, dan kampus di Banjarbaru (35 km utara Banjarmasin), yang dibuka Rektor Prof Dr H Muhammad Ruslan MS.

Peserta P2B dan Penkar Unlam di kampus Kayu Tangi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) berjumlah 3.492 mahasiswa.

Sedangkan di Banjarbaru sebanyak 2.385 mahasiswa dari enam fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Perikanan, Kehutanan, Teknis, Kedokteran, dan Fakultas MIFA.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014