Tanjung, (AntaranewsKalsel) - Koordinator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Perkotaan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Norsyahriawati menyebutkan, tahun ini Desa Sungai Pimping Kecamatan Tanjung terbanyak menerima dana dari program ini.

"Dana bantuan langsung masyarakat dari PNPM Mandiri Perkotaan diberikan berdasarkan jumlah keluarga miskin dan Desa Sungai Pimping menempati peringkat pertama karena jumlah keluarga miskinnya paling banyak," kata Norsyahriawati di Tanjung, Sabtu.

Tahun ini Desa Sungai Pimping mendapatkan alokasi dana Rp200 juta dari PNPM Mandiri Perkotaan yang bersumber dari APBN maupun APBD kabupaten.

Dana dari APBN sebesar Rp160 juta dan yang sudah disalurkan baru dana APBD kabupaten sebesar Rp40 juta ke masing-masing Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

Seperti tahun sebelumnya penerima bantuan dana PNPM Mandiri Perkotaan, kata Norsyahriawati, mencakup 25 desa dan kelurahan di Kecamatan Tanjung dan Murung Pudak.

Selain Desa Sungai Pimping, masing-masing mendapatkan Rp75 juta termasuk dana "sharing" APBD untuk keperluan pembuatan berbagai fasilitas atau sarana desa.

"Dana dari APBD kabupaten sudah kita salurkan ke masing-masing BKM untuk digunakan sesuai aspirasi atau kebutuhan desa dan dalam waktu dekat dana PNPM Mandiri Perkotaan yang bersumber APBN juga akan direalisasikan," katanya.

Koordinator BKM Harapan Kita Desa Kapar, Pirah membenarkan pihaknya telah menerima dana bantuan PNPM Mandiri Perkotaan dari APBD kabupaten sebesar Rp15 juta.

"Kalau dana dari pusat atau APBN memang belum direalisasikan dan yang baru kita terima Rp15 juta dari APBD kabupaten yang digunakan untuk pengadaan sarana penampungan air bersih di Desa Kapar," kata Pirah.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014