Bank Kalsel yang merupakan bank milik pemerintah daerah di Kalimantan Selatan berupaya membantu petani mengembangkan padi unggul sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan nasional.

Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarrudin di Banjarmasin Selasa mengatakan, dukungan tersebut dibuktikan dengan telah dilaksanakannya panen demplot padi unggul bersama mitra petani di Kabupaten Tanah Laut, beberapa waktu lalu.

Menurut Agus, Bank Kalsel terus berupaya berperan aktif dalam pembangunan diantaranya sektor pertanian, untuk mewujudkan ketahanan pangan daerah.

"Panen demplot padi unggul Bank Kalsel bersama para petani binaan, merupakan wujud nyata, bahwa Bank Kalsel berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pembangunan," katanya.

Berkolaborasi dengan Cecep Sadikin selaku praktisi pertanian, Bank Kalsel mengupayakan pengadaan bibit unggul dan mesin penggiling padi, agar memudahkan para petani untuk memproduksi hasil panennya.

"Ketahanan pangan merupakan salah satu prioritas pemerintah saat ini, Bank Kalsel mendukung hal tersebut. Alhamdulillah bersama Pak Cecep Sadikin sebagai pendamping dan pembina petani, sudah mempersiapkan demplot untuk bibit yang diambil dari Bogor,” katanya.

Selaku praktisi pertanian, Cecep Sadikin juga memperkenalkan teknologi tepat guna untuk perontok padi, dengan alat ini terbuat dari bahan daur ulang yakni kayu bekas.

Cecep juga memperagakan cara mesin penggiling padi yang diberikan oleh Bank Kalsel, dimana dengan adanya mesin ini akan menghasilkan padi dengan kualitas  baik untuk mempermudah kinerja para petani.

Panen petani di demplot padi unggul tersebut, merupakan wujud komitmen Bank Kalsel sebagai upaya mendukung pemerintah daerah dalam pemberdayaan petani dan mendukung ketahanan pangan di wilayah Kalimantan Selatan,selama pandemi maupun pascapandemi.

Panen demplot padi unggul dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tanah Laut, Drs Sukamta, Ketua DPRD Kabupaten TanahLaut, Muslimin, SE,  Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin; dan Kapolsek Jorong, Ipda Samsudi.
 
Kemudian, turut hadir Ir. Cecep Sadikin selaku praktisi pertanian, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Laut, Dinas Pertanian Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Dinas Peternakan Kabupaten Tanah Laut,  Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Tanah Laut dan Bank Perkreditan Daerah (BPR) Kabupaten Tanah Laut.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020