Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Terjadi musibah kebakaran beruntun dalam sehari di Kota Banjarmasin, Rabu (27/8). Si jago merah ngamuk di tiga tempat dan menghanguskan total delapan rumah. 


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kebakaran Banjarmasin Muhamnad Hilmi menuturkan, kebakaran terjadi bermula di Jalan Sungai Andai, Banjarmasin Utara tepatnya di depan SMA 11 Banjarmasin. Kebakaran terjadinya sekitar pukul  09.30 WITA, dan menghanguskan tiga rumah.

"Dari informasi di lapangan, musabab terjadinya diduga akibat kompor meledak, yakni di sebuah warung, dua rumah yang terbakar parah, satunya hanya sebagian," ujarnya saat di TKP.

Tidak lama setelah para pemadam kebakaran berhasil memadamkan api di Jalan Sungai Andai, kata Hilmi, informasi terjadi kebakaran lagi di Jalan Kelayan B Gg Family,  Banjarmasin Selatan sekitar jam 10.00 WITA.

"Kita dan para pemadam kebakaran pun bergegas kesana, " ujarnya.

Menurut Hilmi, kebakaran di wilayah padat penduduk di wilayah Kelayan B itu menghanguskan empat buah rumah.

"Masih diselidiki asal api kebakaran di Kelayan ini, infonya ada seorang yang diamankan polisi, mungkin berkaitan dengan kebakaran ini," ungkapnya.

Tidak sampai berapa menit para petugas pemadam kebakaran Banjarmasin sibuk mengatasi api di Kelayan B, mereka kembali mendapat informasi di wilayah Banjar Indah 3, Jalan A Yani KM 5, Banjarmasin Selatan, sekitar pukul 11.00 WITA.

"Dengan segera para pemadam kesan, untung hanya satu rumah," paparnya.

Kejadian semua ini tidak ada yang makan korban, namun sebagian besar harta benda korban kebakaran tak bisa diselamatkan.

Pihaknya, kata Hilmi, langsung melaporkan musibah kebakaran ini dan jumlah berapa rumah yang ludes terbakar lengkap dengan alamat-alamatnya ke Dinas Sosial Pemkot Banjarmasin.

" Ini untuk mereka (korban kebakaran) supaya dapat bantuan dari Pemkot melalui Dinsos," jelasnya.

Untuk bantuan rumah yang terbakar parah, kata Hilmi, mendapat bantuan dana Rp 2,5 juta. "Ada tambahan bantuan lagi biasanya berupa terpal dan makanan dari Pemkot untuk meringankan beban para korban kebakaran," pungkasnya.

Tidak lama setelah terjadi kebakaran beruntun di wilayah Banjarmasin, informasi terjadinya kebakaran disiarkan kembali sekitar pukul 11.30 WiTA di Jalan Persada Raya, Handil Bakti, Batola.  Namun informasi para petugas pemadam kebakaran, hanya kebakaran hutan./e

Pewarta: sukarli

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014