Tanjung,  (AntaranewsKalsel) - Sebanyak 92 calon haji asal Tabalong, Kalimantan Selatan, menjalani vaksinasi di UPT Puskesmas Hikun, Kecamatan Murung Pudak, jelas Kepala Sub Bidang Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan setempat, Taufik di Tanjung, Senin.

"Pelaksanaan vaksinasi meningitis bagi calon haji di daerah ini mulai dilaksanakan hari ini," jelas Taufik di Tanjung.

Vaksin meningitis itu untuk mencegah penyakit radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang,

Para calon haji itu mendapat vaksin meningitis secara gratis, sedangkan vaksin influenza dikenai tarif Rp150 ribu per orang, katanya.

Selain harus melakukan vaksinasi meningitis dan influenza, para calon haji juga wajib mendapatkan vaksinasi pneumonia atau pencegahan penyakit paru, katanya.

"Sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan, para calon haji memang wajib mendapatkan vaksinasi meningitis, influenza dan pneumonia," jelas Taufik lagi.

Namun, untuk vaksinasi pneumodia belum bisa diberikan karena menunggu pengiriman vaksin dari pusat dan rencananya akan dijadwalkan kembali oleh Dinas Kesehatan Tabalong, ujarnya.

Selain mendapatkan vaksinasi, para calon haji Tabalong juga melaksanakan tes kebugaran di masing-masing puskesmas, katanya.

"Sesuai jadwal vaksinasi dan tes kebugaran, rencana pada Selasa (19/8) sebanyak 78 calon haji di wilayah selatan mendapat vaksinasi di UPT Puskesmas Kelua.

Puskesmas di wilayah selatan itu menangani calon haji dari Kecamatan Kelua, Banua Lawas, Pugaan dan Muara Harus, jelasnya.

Sementara itu, vaksinasi serupa di UPT Puskesmas Haruai dilaksanakan pada 20 Agustus bagi 72 calon haji dari Kecamatan Jaro, Upau, Muara Uya, Bintang Ara dan Haruai.

Calon haji yang berada di wilayah tengah mencakup Kecamatan Murung Pudak dan Tanta mendapatkan vaksinasi di UPT Puskesmas Mabuun, yang akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2014, katanya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014