Banjarbaru,  (AntaranewsKalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Ariffin meminta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Banjarmasin meningkatkan pelayanan terhadap calon jemaah haji baik saat keberangkatan maupun kedatangan.

"Pelayanan kepada calon jemaah haji sudah baik namun harus lebih ditingkatkan lagi sehingga seluruh jemaah benar-benar mendapatkan pelayanan maksimal," ujarnya di Kota Banjarbaru, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut pada pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Kota Banjarmasin di Aula Jeddah Kompleks Asrama Haji Banjarmasin di Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Pelantikan sekaligus meal test makanan dan minuman selama masa penerbangan yang disediakan Garuda dihadiri Direktur Pelayanan Luar Negeri Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI Sri Ilham Lubis.

Menurut dia, tugas yang diemban PPIH merupakan tugas mulia karena melayani tamu-tamu Allah yang ingin berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci maupun datang setelah menjalani rukun Islam kelima itu.

"Jadi, tugas PPIH sungguh mulia karena yang dilayani adalah tamu-tamu Allah sehingga sudah sewajarnya mereka dilayani dengan baik dan maksimal sesuai standar yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Ditekankan, saling kerja sama dan koordinasi antarpihak terkait harus ditingkatkan, baik sesama anggota PPIH, jajaran Pemprov Kalsel maupun maskapai penerbangan Garuda yang melayani jemaah haji.

"Setiap penyelenggaraan ibadah haji terutama menyangkut pelayanan jemaah tidak menutup kemungkinan muncul hambatan sehingga harus diantisipasi melalui kerja sama dan koordinasi," pesannya.

Di sisi lain, kata dia, PPIH juga wajib memastikan seluruh sarana prasarana di lingkungan asrama haji termasuk fasilitas pendukung benar-benar siap digunakan sehingga jemaah fokus mengikuti rangkaian ibadah.

"Anggota PPIH harus meningkatkan koordinasi antara seluruh tugas pelayanan sejak calon jemaah haji tiba dan berada di asrama haji, menuju bandara pada fase pemberangkatan hingga pemulangan," ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, Muhammad Thambrin mengatakan, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh calon jemaah haji sesuai standar pelayanan yang ditetapkan.

"Pelayanan kepada seluruh calon jemaah haji tentu kami utamakan dan selain kerja sama dan koordinasi, kelengkapan sarana dan prasarana juga telah disiapkan," ujar Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin itu.

Ditambahkan, jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin pada 1435 Hijriah/2014 Masehi sebanyak 3.050 orang yang terbagi dalam sepuluh kelompok terbang.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014