Sebanyak 100 personel Polresta Banjarmasi menjalani tes urine untuk mengetahui dan mencegah adanya penyalahgunaan narkoba.

"Tes urine kami lakukan secara dadakan tanpa sepengetahuan anggota  yang akan menjalani pemeriksaan urine tersebut," ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan SIK MM melalui Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo SIK MH di Banjarmasin, Jumat.

Untuk diketahui tes urine tersebut dipimpin langsung Wakapolresta Banjarmasin kemudian para pejabat utama diikuti jajaran Kapolsek dan 100 anggota, semua dilalukan pemeriksaan.

Tes urine dilakukan oleh Urusan Kesehatan Polresta Banjarmasin dan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kalsel di ruang Rupatama Polresta setempat, pada Jumat (11/9) pagi.

Satu persatu anggota yang diambil urinenya dikawal oleh anggota Unit Propam Polresta Banjarmasin saat mengambil air kencing di toilet.
Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo SIK MH. (ANTARA/Gunawan Wibisono)
"Kegiatan seperti ini kami lakukan secara berkala saat ada kenaikan pangkat dan kali ini dalam rangka mencegah penyalagunaan narkoba di tubuh Polri," tegas perwira menengah Polri itu.

AKBP Sabana terus mengatakan, hasil dari pemeriksaan tes urine ini, ada satu personel yang diduga mengkonsumsi narkoba jenis apetamin.

"Anggota yang positif urinenya itu langsung dilakukan pemeriksaan oleh Unit Propam Polresta Banjarmasin," kata perwira menengah lulusan Akpol angkatan 99 itu.

Mewakili Kapolresta Banjarmasin, pihaknya mengimbau kepada seluruh personel agar tidak ada yang melakukan penyalahguna narkoba baik sebagai pemakai maupun menjadi bandar narkoba.

"Agar menjadi kuat kegiatan cegah narkoba itu, kami juga melakukan ikrar bersama di mana semua berjanji tidak akan menggunakan narkoba," ujar perwira yang pernah menjabat sebagai Kapolres Hulu Sungai Tengah itu.

Sabana sapaan akrab Wakapolresta Banjarmasin juga meminta masyarakat agar melapor ke Polresta Banjarmasin apabila mengetahui ada anggota Polresta Banjarmasin yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

"Saya nanti akan melakukan tes urine ke personel jajaran Polsek-Polsek secara acak dan bersifat dadakan," tutur Wakapolresta yang akrab dengan awak media itu.

Diharapkan kedepannya seluruh personel di Polresta Banjarmasin maupun Polsek jajaran bersih serta bebas dari penyalahgunaan narkoba.

 

Pewarta: Gugun

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020