Deklarasi Pilkada damai oleh KPU Hulu Sungai Utara tidak semeriah biasanya karena penerapan protokol kesehatan bahkan deklarasi juga diwarnai pembagian masker gratis kepada warga.

Deklarasi pemilihan damai dan protokol kesehatan COVId 19 diselenggarakan tepat di depan kantor KPU memakai ruas jalan Khuripan yang ditutup sementara bagi pengguna jalan.

"Dalam penyelenggaraan Pilkada tetap diutamakan keselamatan warga karena  penyebaran COVID 19 di daerah kita masih tinggi," ujar Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK di Amuntai, Kamis (10/9).

Wahid mengajak masyarakat berpartisipasi mensukseskan Pemilihan Gubernur dengan menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya dan turut menjaga ketertiban dan keamanan dalam setiap tahapan Pilkada nanti.

Ia mengatakan, dilaksanakan deklarasi pemilihan damai dan protokol kesehatan covid-19 sebagai wujud komitmen penyelenggara Pemilu, Pemerintah Daerah dan masyarakat mewujudkan Pilkada 2020 yang aman, damai, berkualitas dan bermartabat dengan tetap menjaga dan memperhatikan protokol kesehatan covid-19.
Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri menyampaikan pelaksanaan Deklarasi Pemilihan Damai tersebut merupakan event nasional yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

"Acara diisi pembacaan deklarasi bersama dan pemasangan masker secara simbolis," kata Rina.

Rina mengatakan, pada setiap tahapan pelaksanaan Pilkada anggota KPU, petugas coklit, PPK, PPS dan KPPS sudah dilengkapi dengan peralatan masker, APD, hand sanitizer dan lainnya guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita juga melindungi masyarakat pemilih dari terpapar COVID 19, tentu keselamatan yang kita utamakan," tandasnya.

Rina menginformasikan hingga saat ini tahapan Pilkada 2020 sudah sampai pada tahapan rapat pleno penetapan Data Pemilih Sementara yang dilaksanakan pada 12 September nanti bertempat di Aula Kecamatan Amuntai Tengah.
Bupati HSU H Abdul Wahid HK mengenakan masker kepada warga saat deklarasi Pilkada Damai di Amuntai, Kamis (10/9). (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan menyampaikan pada 09 Desember 2020, Polres HSU siap mengamankan tahapan pemilihan Gubernur di wialayah hukum Kabupaten HSU.

"Adapun langkah yang kami laksanakan, pertama Rakor, dengan KPU dan Bawaslu HSU, kedua melaksanakan keamanan kantor KPU, Bawaslu, dan gudang Logistik, dan yang ketiga menyiapkan personil dari Polres HSU sebanyaj 85 personl didukung personil dari Kodim 1001 Amuntai sebanyak 60 orang.

"Kami.juga turut memantau perkembangan jumlah pemilih dan lokasi TPS. Saat ini  jumlah pemilih sekitar 160.647 dan jumlah TPS sebanyak 507 TPS," katanya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020