Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, siap menggelar festival kebudayaan sebagai upaya melestarikan dan memperkenalkan budaya daerah bukan hanya di Kalimantan Selatan tetapi juga nasional bahkan internasional.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Balangan Mohammad Kamal Syahwil di Balangan Rabu mengatakan, rencananya festival akan digelar pada 17 September ini.

Rencananya festival akan digelar di gedung Kebudayaan Balangan, yang kini pembangunannya telah mencapai 90 persen.

"Pembangunan gedung kebudayaan sudah mencapai 90 persen dan tinggal pemasangan aliran listrik," katanya.  

Dengan adanya gedung kebudayaan ini, tambah dia, pihaknya dapat melestarikan kebudayaan Balangan sekaligus bisa menjadi tempat berkumpul bagi penggiat seni Kabupaten Balangan dalam mengembangkan kesenian tradisonal. 

Keberadaan gedung budaya juga sebagai tempat silaturahmi, sehingga seluruh pihak terkait bisa saling bahu membahu dalam melestarikan budaya asli Kabupaten Balangan.

"Kami telah melakukan kordinasi dengan piahk  PUPR Kabupaten Balangan mengenai hal tersebut," tegas Kamal.

Kamal berharap, gedung kebudayaan tersebut dapat digunakan pada 17 September, untuk pelaksanan Festival Kebudayaan Balangan sekaligus peresmian.

Sementara itu, menyambut Aruh Sastra Kalimantan Selatan ( ASKS)XVII di Kabupaten Tabalong,  November 2020, tambah dia, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. 

"Secara umum kami telah mempersiapkan semuanya dengan baik dan teratur," tambah Kamal.

Kamal mengatakan, pelaksanaan ASKS  ke 17 ini sangatlah berbeda dengan ASKS sebelumnya, karena pelaksanaannya melalui  daring atau jarak jauh.

"Meski dilaksanakan dengan  daring, kami yakin kontingen asal Kabupaten Balangan dapat bersaing dengan kontingen kabupaten lainnya, guna meraih hasil yang terbaik," harap Kamal.

Lebih lanjut, Kamal menyapaikan,  pihaknya juga merangkul  Dewan Kesenian Balangan untuk melakukan pembinaan kontingen yang akan diikutsertakan.

"Kami akan mengirimkan kontingen sesuai dengan cabang yang diperlombakan, mengingat anggaran yang cukup terbatas juga," katanya.

Sampai saat ini, panitia pelaksanaan ASKS ke-17, belum melayangkan surat resmi ke Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan terkait cabang seni apa saja yang diperlombakan.

Siswa dan siswi Kabupaten Balangan akan menjadi Prioritas untuk mengikuti  ASKS ke 17. (Rilis Humas).

 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020