Oleh Arianto

Pelaihari, Kalsel, 13/8 (Antara) - Wakil Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Drs H Sukamta menyatakan, pemerintah kabupatennya akan membangun rumah sakit tipe B di Pelaihari, yang pelaksanannya dimulai tahun 2017.


"Pada pertengahan tahun 2015 akan dilaksanakan pelelangan desain dari rencana pembangunan rumah sakit tipe B tersebut," katanya di Pelahari (ibu kota Tala, 65 kilometer timur Banjarmasin), Rabu.

Menurut orang nomor dua di pemerintahan kebupaten (Pemkab) tersebut, pembangunan rumah sakit tipe B itu dianggarkan melalui APBD setempat sebesar Rp300 miliar dengan sistem "multy years" atau tahun jamak.

"Dana sebesar Rp300 miliar itu akan kita sesuaikan dengan `master plant` (perencanaan induk) dan desain bangunan rumah sakit," ujarnya.

Ia menerangkan, khusus untuk alat-alat kesehatan di rumah sakit tipe B nanti, Pemkab Tala berharap bantuan pusat atau dari dana APBN. Jadi hanya bangunan dan pengadaan tanah merupakan tanggung jawab Pemkab setempat.

"Kontruksi, desain dan master plant pembangunan rumah sakit tipe B merupakan tanggung jawab dari Pemkab Tala. Kita berharap pengadaan alat-alat kesehatan dari bantuan APBN," terangnya.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Rumah Sakit H Boejasin Pelaihari, dr Edy Wahyudi menyatakan, pihaknya optimis pembangunan rumah sakit tipe B di ibu kota Tala bakal terwujud.

"Optimistis itu didasari dari ketersediaan dokter spesialis dan kelengkapan. Untuk menuju rumah sakit tipe B memang ada persyaratan yang harus dipenuhi, namun kita tetap optimis persyaratan tersebut bisa terpenuhi," ucapnya.

Sementara, Ketua DPRD Tanah Laut Ahmad Yani mengatakan, dewan sangat mendukung upaya Pemkabnya untuk mewujudkan pembangunan rumah sakit tipe B di ibu kota kabupaten tersebut.

  "Sebelum pembangunan itu dilakukan terlebih dulu harus dipelajari secara matang melalui kajian, sehingga dalam pelaksanaannya nanti tidak ada masalah," tegasnya.    

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014