Tim pemenangan pasangan calon (paslon) kepala daerah Kabupaten Kotabaru yang maju dari jalur perseorangan (independen) pilkada 2020, H Burhanudin-H Bahrudin (2BHD) resmi mendaftar ke KPU setempat, namun tidak hadiri bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati, Ahad

Ketidak hadiran kedua kandidat bacalon pada momen pendaftaran di KPU, karena mereka sedang dalam perawatan di Banjarmasin akibat hasil tes swab positif COVID-19, sehingga diwakili ketua tim pemenangan H Sutrisno dan relawan serta pendukung 2BHD yang menamakan diri Koalisi rakyat bersatu.

Pemandangan tidak biasa pada sesi pendaftaran paslon 2BHD, kehadiran pendukung dan tim pemenangan ke KPU diwarnai dengan hadirnya para alim ulama dan habaib dengan naik beca serta diikuti ratusan orang dengan berjalan kaki seraya membawa sejumlah famplet berupa karton bertulisan tangan yang bernada dukungan dan harapan.

Sejumlah isi tulisan yang dibawa para pendukung dengan berpakaian kemeja putih dan bawahan hitam itu diantaranya, 'Dari rakyat untuk rakyat'-'Koalisi rakyat bersatu'-'Kada handak kalain, 2BHD harga mati'.

Sementara pada moment sambutan oleh bacalon H Burhanudin yang difasilitasi melalui teleconference, membuat sebagian besar hadirin yang hadir dalam forum tersebut terbawa situasi haru dan tidak sedikit yang menyeka air mata.

"Kami sangat berterima kasih kepada para pendukung yang tetap semangat, meski kami saat ini tidak bisa hadir karena menjalani perawatan akibat hasil positif pada tes swab, walaupun kondisi saya 100 persen sehat wal afiat," kata Burhanudin.

Ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin mengatakan, sesuai ketentuan KPU sebelum menyerahkan pendaftaran, bacalon harus menyerahkan hasil tes swab, dan ternyata untuk paslon H Burhanudin-Bahrudin diketahui positif.

"Oleh karenanya belia berdua tidak hadir dalam penyerahan berkas ke KPU, dan bisa didelegasikan melalui tim pemenangan, meski demikian kita juga fasilitasi melalui teleconference terhadap kedua Bacalon," jelas Zainal.

Selanjutnya lanjut dia, pihaknya akan membuat berita acara ketidak hadiran bacalon tapi difasiltasi dengan daiing (virtual), termasuk akan memverifikasi dokumen yang diserahkan, khususnya pemenuhan syarat yang ditentukan.

"Sayarat pencalonan mencakup kelengkapan formulir, keberadaan tim kampanye, keberadaan visi- misi, dan kesemuanya sudah terpenuhi, sehingga akan memasuki tahap berikutnya," pungkas Zainal.
Penyampaian sambutan bacalon H Burhanudin melalui teleconveren pada momen pendaftaran di KPU Kotabaru (Antaranews Kalsel/ohi)

Pewarta: M. Shohib

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020