Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menerima pendaftaran H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy (Khairul-Habib M Ali) lewat jalur perorangan untuk maju pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

"Berkas pendaftaran pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin dari jalur perseorangan memenuhi syarat, kita terima," ujar Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah, Minggu.

Menurut dia, pasangan Khairul-Habib M Ali mendaftar di hari terakhir dibukanya pendaftaran bagi pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin dari 4--6 September 2020 untuk Pilkada pada 9 Desember 2020.

Menurut dia, pasangan satu-satunya jalur perorangan atau independen ini datang mendaftar ke kantor KPU hanya dihadiri bakal calon Wali Kota, yakni, H Khairul Saleh, karena bakal calon Wakil Wali Kota Habib Muhammad Ali Alhabsy sedang mengalami sakit.

"Habib M Ali sebagai wakilnya hadir  lewat video call, ya tidak mengapa, sebab lagi ada halangan," ujar Rahmiyati.

Dia menyatakan, dengan berkas utamanya pasangan perorangan ini yang dapat mengumpulkan syarat dukungan masyarakat dengan bukti foto copy KTP-el yang sudah diverifikasi faktual, yakni, lebih dari syarat minimal 38.003 jiwa, maka pendaftaran mereka diterima.

"Tahap selanjutnya akan kita verifikasi administrasi berkas pendaftaran pasangan calon, pada 20 September nanti kita umumkan untuk ditetapkan sebagai pasangan calon yang maju pada Pilkada," terangnya.

Bakal calon Wali Kota Banjarmasin jalur perorangan H Khairul Saleh yang merupakan mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin tersebut mengungkapkan, bakal calon wakilnya Habib Muhammad Ali Alhabsy sedang kurang baik kondisi kesehatan.

Sehingga, ujar dia, Habib Muhammad Ali Alhabsy tidak memungkinkan datang langsung ke KPU.

"Khawatirnya kalau dipaksakan beliau kelelahan, bahaya jadinya, kami harap kita semua mendoakan beliau cepat sehat," tuturnya.

Sejak dibuka pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin pada 4--6 September, sudah ada empat pasangan calon yang diterima KPU Kota Banjarmasin.

Selain pasangan calon jalur perorangan Khairul-Habib M Ali, tiga pasangan lainnya dari usungan partai politik, yakni, H Ibnu Sina dan H Arifin Noor diusung PKB, Demokrat dan PDIP, ditambah partai non parlemen PSI.

Kemudian pasangan H Haris Makkie dan Ilham Noor yang diusung partai Gerindra, PPP dan PBB ditambah partai non parlemen Hanura.

Selanjutnya pasangan Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir yang didukung koalisi partai politik besar, yakni, Golkar, PAN, PKS, Nasdem ditambah partai non parlemen, Parindo dan PKPI.

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020