Tiga desa Di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, dua hari terahir dilanda banjir akibat meluapnya sungai satui karena curah hujan yang tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu, Eriyanto Rais, di Batulicin Kamis mengatakan, tiga desa yang terdampak banjir yakni Desa Sinar Bulan, Sungai Danu dan Sejahtera Mulia.

"Tiga desa tersebut kurang lebih mencapai 1.275 KK dan 163 hektare lahan pertanian yang terdampak banjir sejak dua hari terahir," katanya.
 
Sejauh ini ketinggian debit air yang meluap terus meningkat mencapai dua sampai tiga meter. Dan diprediksikan di wilayah tersebut debit air akan terus meningkat mengingat hujan yang mengguyut wilayah tersebut hingga saat ini belum reda.

Dia menjelaskan, banjir yang terjadi di Desa Sejahtera Mulia para Muspika melalui pemdes telah mendirikan dapur umum didua lokasi yang memiliki dataran tinggi untuk menampung bantuan pangan kepada masyarakat yang terdampak.

Namun berbeda dengan warga Desa Sungai Danau, mereka lebih memilih bertahan di rumahnya masing-masing sambil menyelamatkan dan menjaga barang-barangnya yang ada di rumahnya.

Meski demikian lanjut Eriyanto Rais, BPBD tetap menyediakan tempat pengungsian sementara bagi mereka yang terdampak banjir lokasinya di Desa Sinar Bulan Kecamatan Satui tepatnnya di SMPN 4 Satui.

Saat ini personil Polri dan petugas dari BPBD Tanah Bumbu terus melakukan patroli dilapangan dan menghimbau kepada masyarakat yang terdampak untuk tetap waspada dimana sewaktu-waktu air kembali meninggi dan berhati-hati untuk menjaga harta benda yang di tinggalakan.

"Kami pastikan seluruh personil yang bertugas bekerja dengan maksimal untuk mengevakuai masyarakat yang terdampak banjir dan kami juga menyipkan kebutuhan pokok dan obat-obatan untuk di dapur umum untuk keperluan sehari hari selama banjir," pungkasnya.

 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020