General Manager (GM) Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin Amiruddin Florensius mengatakan, jumlah penumpang mulai mengalami peningkatan dan terjadi kenaikan 73 persen.

"Meski ditengah pandemi COVID-19, jumlah penumpang secara bertahap mengalami kenaikan dan tercatat kenaikan mencapai 73 persen baik penumpang yang berangkat maupun datang," ujarnya di Banjarbaru, Rabu.

Disebutkan Amiruddin yang khusus mengundang media di kantornya, data peningkatan jumlah penumpang di Bandara Internasional Syamsudin Noor yang terletak di Kota Banjarbaru terjadi pada periode Juni–Agustus.

Dirincikan, bulan Juni 2020 tercatat sebanyak 42.983 penumpang datang dan berangkat meningkat menjadi 76.208 penumpang pada Juli dan bulan Agustus penumpang datang 54.967 dan berangkat 46.432 orang.

"Peningkatan menunjukan masyarakat mulai percaya menggunakan jasa transportasi udara ditengah pandemi dan protokol kesehatan diterapkan  dalam prosedur pelayanan mencegah penularan COVID-19,” ucapnya.

Ia mengatakan, seiring peningkatan jumlah penumpang, pihaknya juga sudah menambah jam operasional penerbangan selama 1 jam dari jadwal sebelumnya untuk mengantisipasi kenaikan tersebut.

Sebelumnya, jam operasional Bandara Internasional Syamsudin Noor saat awal pandemi COVID-19 dibatasi dari pukul 07.30 WITA hingga 17.00 WITA dan ditambah satu jam sehingga jam operasional hingga pukul 18.00 WITA.

"Kami sudah menggelar pertemuan dengan maskapai untuk membahas peningkatan penumpang dan telah sepakat menambah jam operasional bandara selama satu jam sehingga berakhir pukul 18.00 WITA," kata dia.

Ditekankan, kebijakan jam operasional baru itu ditujukan kepada penumpang yang akan melakukan penerbangan hingga tanggal 30 September 2020 sehingga penambahan operasional itu bersifat sementara.

Dikatakan, meski jam operasional hanya ditambah satu jam, dampaknya sangat berpengaruh pada pergerakan pesawat karena membuka tambahan 10 slot penerbangan baio pesawat datang maupun berangkat.

"Penambahan jam operasional selama satu jam dapat dimanfaatkan menjadi lima slot penerbangan keberangkatan (departure) dan lima slot penerbangan kedatangan (arrival)," kata Amiruddin yang baru menjabat dua pekan itu.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020