Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Penumpang arus balik di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan masih tinggi memasuki H+6 pasca-Idul Fitri 1435 Hijriah.


"Jumlah penumpang arus balik masih tinggi diatas 10 ribu orang baik datang maupun berangkat," ujar Airport Service Section Head Bandara Syamsudin Noor Heru Widiatmo di Banjarbaru, Selasa.

Ia mengatakan, jumlah penumpang yang datang pada Senin (4/8) 6.643 orang dan penumpang yang berangkat mencapai 5.509 orang sehingga total penumpang datang dan berangkat sebanyak 12.152 orang.

Sementara, jumlah penumpang pada penerbangan normal mencapai 10.000 orang per hari dengan asumsi 6.000 orang penumpang berangkat dan 4.000 penumpang yang datang melalui bandara setempat.

"Melihat jumlah penumpang yang datang sebanyak 6.643 orang pada Senin jauh diatas rata-rata penumpang normal 4.000 orang per hari sehingga sehingga penumpang arus balik masih tinggi," ungkapnya.

Dia memperkirakan, penumpang yang datang pada Selasa (5/8) hari ini juga menembus 6.500 orang namun jumlah pastinya belum diperhitungkan karena penerbangan masih terus berlangsung hingga tengah malam.

"Kemungkinan, penumpang arus balik kembali normal, Rabu (6/8) besok karena cukup banyak penumpang yang menunggu harga tiket murah sehingga memilih pulang pada hari kerja," kata dia.

Menurut dia, puncak arus balik terjadi pada H+5 atau Minggu (3/8) dengan jumlah penumpang datang sebanyak 8.030 orang dan berangkat sebanyak 6.579 orang sehingga total mencapai 14.609 orang.

"Puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau Sabtu (26/7) dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 8.338 orang dan penumpang datang mencapai 6.500 orang sehingga total sebanyak 14.838 orang," ujarnya.

Dikatakan, pemberangkatan penumpang baik selama arus mudik maupun arus balik berjalan lancar tanpa hambatan baik terkait jadwal penerbangan maupun pelayanan kepada calon penumpang.

"Seluruh jadwal penerbangan yang ditetapkan berjalan lancar tanpa ada hambatan, dan pelayanan terhadap calon penumpang maupun pengguna jasa bandara lainnya juga tidak ada yang dikeluhkan," katanya.

  Ditambahkan, pihaknya membuka posko pelayanan sejak tanggal 21 Juli hingga 5 Agustus 2014 di lingkungan bandara dan tidak menerima keluhan terkait jadwal penerbangan maupun pelayanan.   

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014