Sebanyak 16 peserta didik ikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Pondok Pesantren Assunniyah Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Tapin, Hj Fauziah mengatakan, bahwa program BLK Komunitas berbasis pesantren ini merupakan dari komitmen pembangunan kompetensi warga di lingkungan pesantren.

"Ini merupakan program dari Kementerian Tenaga Kerja RI guna meningkatkan SDM warga pesantren," ujarnya saat menghadiri pembukaan pelatihan BLK Komunitas tahap I di Ponpes Assuniyah, Senin (31/8).

Dikatakan Fauziah, bahwa dua pondok pesantren di Kabupaten Tapin menerima bantuan program dari Kemtan RI tersebut.

Dua pondok pesantren penerima BLK Komunitas tersebut yakni Pondok Pesantren Mutiul Huda di Kecamatan Hatungun dan Pondok Pesantren Assuniyah di Kecamatan Tapain Selatan.

"Masing-masing pesantren yang menerima program BLK Komunitas ini akan menerima bantuan dari Kementrian Tenaga Kerja masing-masing senilai Rp1 miliyar," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Tapin Hj Fauziah saat di temui di tempat kerjanya.

"Untuk di Pesantren Assuniyah program pelatihannya yakni otomotif, dan untuk di Pesantren Mutiul Huda yakni menjahit," ujar Fauziah lagi.
 
Meninjau ruang praktek pelatihan BLK Komunitas di Ponpes Assuniyah Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin (M Husein Asyari)

Wakil Bupati Tapin, H Syafruddin Noor dalam sambutannya yang d bacakan oleh Assisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Tapin, Errani Martin berharap adanya BLK Komunitas ini bisa memberikan manfaat bagi peserta latihan.

"Semoga bisa bermanfaat bagi peserta sehingga memiliki bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan, dan sikap untuk pengembanhan diri," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020