Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ratusan umat Islam di Kabupaten Hulu Sungai Tengah mengikuti Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriah di depan Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten HST, Senin (28/7).

Wajah para jamaah terlihat begitu antusias mengikuti ibadah shalat Ied tersebut.

Bupati HST, H. Harun Nurasid dalam sambutannya sebelum pelaksanaan shalat Id mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh masyarakat HST atas peran sertanya dalam memelihara keamanan dan ketertiban selama bulan suci Ramadhan yang baru saja berlalu.

“Kondisi seperti ini kita harapkan terus terjaga dengan baik, agar di hari-hari ke depan kita dapat meneruskan pembangunan yang lancar dan pemerintahan yang baik untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkemakmuran,” tuturnya.

Lebih lanjut, Harun juga mengingatkan kepada masyarakat agar momentum bulan Ramadhan yang baru saja dilewati dapat meningkatkan nilai spiritual, nilai moral dan juga persaudaraan sesama umat.

“Selain itu, kepedulian sosial jangan hanya ada waktu bulan Ramadhan saja, sikap ini juga harus kita suburkan di bulan - bulan lain, dan setiap nilai-nilai yang terangkum dalam pelaksanaan ibadah puasa hendaknya memberikan nilai positif lain dan meningkatkan keshalehan sosial dalam kehidupan bermasyarakat,” tuturnya lagi.

Sementara itu H. Sukarni, yang membawakan khutbah  pada kegiatan shalat Ied tersebut menceritakan tentang keberlanjutan iabadah Ramadhan untuk membangun peradaban Manusia. Menurutnya, ibadah-ibadah tersebut bukan rutinitas semata yang dikerjakan untuk mengisi waktu, tetapi ibadah adalah suatu pendidikan yang harus dijalani untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

“Perlu diingat, keinginan Allah untuk mendidik kita melalui ibadah adalah agar kita memiliki perilaku sosial yang baik dan terlihat jelas ,”  ujar dosen pasca sarjana IAIN Antasari Banjarmasin ini.

Dalam kegiatan Shalat Ied yang diimami oleh imam Masjid Agung Riadhusshalihin H.Abdul Muthalib, juga diikuti oleh unsur Forum Koodinasi Pimpinan Daerah kabupaten HST, para ulama  dan para jajaran SKPD kabupaten HST.

Pewarta: Fathurahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014