Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan lomba posyandu diikuti 10 kecamatan, salah satunya Kecamatan Paminggir yang merupakan kecamatan terpencil.

Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Husairi Abdi menyempatkan diri meninjau proses penilaian lomba Posyandu di kecamatan tersebut yang diwakili Desa Bararawa.

"Pemeeintah Daerah sangat berharap melalui kegiatan posyandu yang kadernya banyak dilakukan oleh Tim Penggerak PKK bisa mensosialisasikan program kesehatan kepada Kaum Ibu khususnya dan masyarakat pada umumnya," ujar Husairi di Bararawa, Rabu.

Kehadiran Wakil Bupati meninjau proses penilaian lomba posyandu di Kecamatan Paminggir turut disertai Wakil Ketua TP PKK Hj Erliani Noor Fauziah Husairi, Kepala Dinas PMD HSU Rijali Hadi, Camat Paminggir H Hanafi.
 
Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi Lc meninjau pelaksanaan penilaian lomba posyandu di Posyandu Biawan Desa Bararawa di Kecamatan Paminggir, Rabu (26/8). (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Husairi menilai keberadaan kader PKK yang diantaranya turut membantu kegiatan posyandu di berbagai pelosok desa di Indonesia merupakan potensi yang sangat besar dalam mensosialisasikan berbagai program pembangunan.

"Apalagi saat ini Pandemi COVID 19 tenga melanda bangsa kita sehingga melalui kader PKK dan kegiatan Posyandu sangat efektif mensosialisasikannya," tandasnya.

Melalui kegiatan penilaian lomba, lanjutnya, sekaligus sebagai sarana pembinaan bagi pengelola posyandu di desa agar lebih baik lagi kedepannya dalam memberikan pelayaban.

Kecamatan Paminggir merupakan kecamatan ke sembilan yang dinilai tim kabupaten dan terakhir hari ini (27/8) di Kecamatan Amuntai Tengah diwakili Desa Tangga Ulin.

Menurut Camat Paminggir H Hanafi, Posyandu Biawan Desa Bararawa satu-satunya yang memiliki gedung layanan posyandu di wilayah kecamatan Paminggir.

"Masih banyak posyandu yang memerlukan fasilitas, kalau bisa desa-desa kami dijadikan wakil perlombaan ditingkat kabupaten agar tim dari provinsi dan pusat bisa berkunjung ke wilayah kecamatan kami dan melihat kondisinya," kata Hanafi.
 
Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi Lc bersama wakil ketua TP PKK HSU Hj Erlian Noor Fauziah, Camat Paminggir dan Kades Bararawa beserta isteri di depan gedung layanan Posyandu Biawan. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Penilaian posyandu untuk perlombaan ini dititikberatkan pada aspek kelengkapan administrasi, kesehatan, pendidikan, upaya kesejahteraan keluarga dan lainnya.

Pelaksanaan penilaian lomba posyandu tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID 19 dimana tim penilai dan kader mengenakan masker, bahkan pelindung wajah.

Dilokasi penilaian juga disediakan tempat cuci tangan dan sabun, hand sanitizer dan tempat penilaian antar meja diberi jarak (social distancing).

Wabup juga meninjau fasilitas yang berada dikawasan Posyandu Biawan Desa Bararawa Kecamatan Paminggir seperti gedung olahraga dan Taman Swadaya Makmur.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020