Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil masuk klaster 2 perguruan tinggi terbaik di Indonesia di tahun 2020 yaitu berada di peringkat 47 dari 2.136 perguruan tinggi yang aktif di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Di klaster 2 ini ada 34 perguruan tinggi yang masuk. Alhamdulilah berkat progress kemajuan ULM satu tahun terakhir kita berhasil menaikkan peringkat," terang Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi di Banjarmasin, Jumat.

Sebelumnya perguruan tinggi negeri terbaik di Kalimantan Selatan dengan akreditasi A itu berada di luar 50 besar dalam klasterisasi. Sehingga hanya menduduki klaster 3 tahun lalu.

"Memang tahun ini kita belum mampu masuk di klaster 1 yang dihuni 15 perguruan tinggi terbaik di tanah air. Namun, hasil ini sudah selayaknya disyukuri dan terus coba kita tingkatkan terus kinerja dan prestasi civitas akademika ULM," tutur Sutarto.

Adapun indikator dalam klasterisasi perguruan tinggi ada empat. Pertama input, di antaranya persentase dosen berpendidikan S3, Lektor Kepala hingga Guru Besar. Kemudian rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen hingga jumlah mahasiswa asing.

Indikator kedua yaitu proses yang di dalamnya termasuk akreditasi, pembelajaran daring, kerja sama hingga jumlah program studi yang melaksanakan Program Merdeka Belajar.

Selanjutnya ketiga output meliputi jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen, kinerja penelitian dan kemahasiswaan hingga jumlah prodi bersertifikasi internasional.

Indikator keempat outcome meliputi kinerja inovasi, persentase lulusan yang bekerja, jumlah sitasi dan paten per dosen hingga kinerja pengabdian masyarakat.

Selain klasterisasi perguruan tinggi, kemajuan ULM juga terlihat berdasarkan pemeringkatan "Webometrics" yang dipublikasikan pada akhir Juli 2020. Dimana ULM berada di peringkat 64 dari 
lebih 30.000 universitas baik perguruan tinggi negeri maupun swasta yang dinilai.

Webometrics merupakan sistem perankingan perguruan tinggi se-dunia berbasis website. Lembaga ini menerbitkan peringkat universitas setiap 2 kali setahun yaitu pada Januari dan Juli.

Peringkat Webometrics suatu universitas sangat terkait dengan volume dan kualitas konten yang diterbitkannya di web sebuah perguruan tinggi.

Pada Juli 2019, ULM berada di peringkat 274. Sedangkan di Januari 2020, merangkat naik menduduki posisi 170.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020