Usai menghadiri Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia (RI) Tahun 2020,  di Halaman Kantor Bupati Barito Kuala (Batola), Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Kapolres AKBP Lalu Moh Syahir Arif, dan Pj Sekda H Abdul Manaf mengikuti upacara secara virtual digelar di Istana Negera, Senin (17/8).

Wabup, Kapolres, dan Sekda mengikuti upacara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Ruang Monitoring Center Setara Network Dinas Kominfo Kabupaten Barito Kuala.

Menariknya, saat mengikuti upacara wabup dan sekda menggunakan pakaian jas terbuka berwarna kuning bertema adat Banjar khas Barito Kuala bermotif tanaman padi dan purun lengkap dengan topi laung/daster serta sarung sabuk berwarna hijau dengan kemeja putih lengan panjang berenda dipadu celana panjang yang juga berwarna kuning. Paduan pakaian sedemian rupa memberi kesan kearifan lokal yang khas, indah dan serasi. 

Sementara Kapolres sesuai protap mengikuti upacara dengan mengenakan pakaian PSL.

Pakaian daerah yang dikenakan wabup dan sekda ini ternyata seirama dengan kepala negara yang mengenakan baju adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur saat menjadi Inspektur Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8).

Jokowi mengenakan kain motif kain berantai nunkolo.

Upacara secara virtual yang dilaksanakan di Istana Negara itu dimulai dengan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara dengan penembakan meriam dan bunyi sirene.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi, mengheningkan cipta, serta pembacaan doa.

Pengibaran bendera hanya ada tiga orang Paskibraka yang bertugas.

Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia (RI) tahun 2020 merupakan pertamakalinya digelar di Istana Merdeka, Jakarta, harus dilakukan secara virtual.

Ini dilakukan untuk menerapkan jaga jarak fisik sesuai dengan protokol kesehatan dan pencegahan COVID-19 tengah pandemi. 

Meski demikian, upacara tersebut tetap terkesan khidmat.  

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020