Polda Kalsel menggelar apel kesiapan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lapangan Polri Jalan Ahmad Yani Km 21 Banjarbaru, Senin.

Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono memimpin apel dengan menyampaikan sejumlah penekanan kepada anggota.

"Apel ini dilaksanakan guna mengecek kesiapan kita nantinya dalam menghadapi ancaman karhutla yang terjadi pada musim kemarau sekitaran akhir bulan Agustus," terang dia.
. (ANTARA/Firman)


Agung berharap peran serta anggota untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Nantinya personil yang di tempatkan di posko agar bisa mengerti tugas dan tanggung jawabnya selama piket di posko serta dapat menggunakan sarana prasarana yang ada dengan semaksimal mungkin dalam menangani karhutla.

Usai apel, Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta memimpin pengecekan lokasi embung di Guntung Damar Kota Banjarbaru dan Cindai Halus Kabupaten Banjar sebagai wilayah yang kerap terjadi karhutla.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta mengecek embung yang ada di Guntung Damar Banjarbaru. (ANTARA/Firman)


Kapolda mengatakan apabila terjadi karhutla air dapat diambil dari kanal-kanal yang sudah ada. Dia meminta Karo Ops Polda Kalsel agar berkoordinasi dengan Pemprov terkait sistem pengairannya dan juga dengan Manggala Agni untuk dapat membantu dengan personilnya serta alat peralatan yang dimiliki.

"Kanal dan embung yang ada di Guntung Damar ini harus segera dibersihkan, sehingga pada saat dialiri air tidak ada hambatan," jelasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020