Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, gelontorkan anggaran milyaran rupiah untuk bantuan hibah peningkatan pembangunan tempat ibadah di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Sanggam tersebut.

Disampaikan Bupati Balangan H Ansharuddin melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di Setdakab Balangan, H Albani Abas, nilai bantuan bervariasi, mulai dari Rp18 juta hingga Rp150 juta.

"Ada 44 kegiatan yang diberikan dana hibah, diantaranya tempat ibadah, majelis ta'lim, balai ada dan pondok pesantre di dua kecamatan, yakni Kecamatan Juai dan Kecamatan Halong, dengan bantuan bervariasi, mulai dari Rp18 juta hingga Rp150 juta," tuturnya.

Disebutkan, dana hibah tersebut merupakan anggaran APBD tahun 2020 melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), yang jumlahnya mencapai Rp1,7 miliyar.

"Dari Rp1,7 miliar tersebut, dibagi untuk 44 kegiatan, yakni untuk Kecamatan Halong sebanyak 31 tempat dan di Kecamatan Juai sebanyak 13 tempat yang menerima dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Balangan," sebutnya.

Bantuan hibah ini dalam rangka mendukung program dan kegiatan pelayanan masyarakat, khususnya pada kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial kemasyarakatan di Balangan.

"Syarat untuk mendapatkan bantuan hibah untuk organisasi harus berbadan hukum atau surat keterangan terdaftar (SKT) di Kesbangpol Balangan," jelasnya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Bupati Balangan, H Ansharuddin berharap dana hibah yang disalurkan dapat memberikan kenyamanan bagi umat Islam maupun non muslim dalam menjalankan ibadah dan meningkatkan kegiatan keagamaan baik di masjid, langgar maupun gereja dan vihara.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020