Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggunakan rumah warga untuk penginapan para tamu yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, dalam peringatan Hari Nusantara (Harnus) ke-14 di Kotabaru.


Hal tersebut dilakukan mengingat hotel yang tersedia tidak cukup menampung semua tamu, kata Ketua komisi III DPRD Kotabaru HM Rusli Erfan, di Kotabaru, Selasa.

Ia mengatakan, sebagai tindak lanjut atas koordinasi dengan eksekutif dalam rangka persiapan Harnus di Kotabaru, pihaknya mengagendakan pendataan terhadap fasilitas pendukung di antaranya sarana prasarana akomodasi para tamu undangan.

"Sesuai agenda bulan Juli ini kami bersama-sama Disporbudpar akan mulai mendata sejumlah rumah warga yang akan di rehab dan renovasi yang diperuntukkan bagi menginapnya para tamu undangan selama perhelatan Harnus," ujar HM Rusli.

Pendataan tersebut kata dia, diprioritaskan pada rumah-rumah warga yang memenuhi kriteria layak huni baik kamar maupun kapasitas ruangan. Namun yang terpenting adalah tingkat kebersihan dan kelayakan mandi Cuci Kakus (MCK) dengan minimal standar sebuah penginapan.

Rumah-rumah warga yang memenuhi standar sanitasi yang baik akan dimanfaatkan untuk tempat tinggal sementara bagi tamu dalam mendukung perhelatan akbar tersebut, termasuk berapa anggaran yang disiapkan HM Rusli belum bisa memastikan.

  "Namun yang jelas jumlah rumah yang akan direhab sesuai dengan kebutuhan, demikian juga dengan letaknya tidak terfokus di satu tempat, tapi tersebar di sejumlah kawasan khususnya berada di sekitar dilaksanakannya acara seperti Kecamatan Pulau Laut Utara, Pulau Laut Barat dan Pulau Laut Timur, katanya.

Sementara mendanaan sepenuhnya akan dialokasikan dari pusat dan bukan dari APBD Kotabaru, karena sejatinya event ini adalah hajatan nasional dan Provinsi Kalsel sebagai tuan rumah yang kemudian Kotabaru ditunjuk sebagai tempatnya.

  Diketahui sebelumnya, keterbatasan hotel dan penginapan yang layak di Kabupaten Kotabaru guna mendukung pelaksanaan Harnus ke 14 yang akan digelar pertengahan Desember 2014 di Kotabaru, akan memanfaatkan beberapa rumah warga untuk `disulap  menjadi penginapan bagi para tamu undangan.

"Sebenarnya event ini merupakan milik provinsi, sehingga kami intens berkoordinasi dengan Pemprov seperti yang kali ini kunjungan kerja ke Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kalsel," ujar HM Rusli Erfan.

  Menyangkut ketersediaan fasilitas, diakui masih banyak yang perlu disiapkan diantaranya penginapan dan hotel, sarana transportasi dan infrastruktur berupa jalan. Oleh sebab itu lintas koordinasi yang telah dilakukan, dipastikan berbagai persiapan yang kini dilakukan akan menjamin pelaksanaan Harnus berjalan lancar dan sukses.   

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014