Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - PT Pelindo III Banjarmasin Kalimantan Selatan menyalurkan dana bantuan modal usaha kepada 36 mitra binaan perorangan dan 2 kelompok usaha kecil dengan dana mencapai Rp1 miliar lebih.
    
Asisten Manajer Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Pelindo III (persero) cabang Banjarmasin Sri Hadiati di Banjarmasin, Senin mengungkapkan, melalui program kemitraan dan bina lingkungan, Pelindo III Banjarmasin menyalurkan dana bantuan modal usaha kepada 38 usaha.
    
Menurut Sri, usai pembukaan pelatihan bagi penerima bantuan modal usaha tersebut, penyaluran bantuan modal usaha senilai Rp1 miliar lebih tersebut diberikan kepada pelaku usaha dari Banjarmasin 24 orang, Banjarbaru satu orang dan Barabai  sembilan orang.
   
 "Selain itu, kita juga memberikan bantuan kepada dua kelompok usaha kecil dari Tanah Bumbu dan Tapin," katanya.
    
Pelindo juga memberikan bantuan kepada kelompok usaha kecil terdiri dari 15 orang asal kabupaten Tanah Bumbu, penerima bantuan bergerak dalam usaha pengolahan makanan amplang dan kue khas setempat. Sementara dari kelompok usaha dari Tapin terdiri dari 10 orang tersebut mengelola usaha pembuatan abon ikan lele.
    
Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Keuangan bagi calon penerima bantuan modal usaha tersebut digelar Lembaga Wahana Edukasi Masyarakat, mitra kerja Pelindo III Banjarmasin, dengan menghadirkan narasumber Rahmat Cahyadi, dengan materi manajemen pemasaran dan kewirausahaan, serta Ita Guntari tentang Manajemen Keuangan.
    
"Pelatihan ini diberikan agar para mitra binaan yang memperoleh modal usaha bisa menggunakan dana tersebut secara tepat dan dapat mengelola usaha dengan baik," kata Direktur Keuangan Pelindo III BanjarmasinI Gusti Ngurah Askara Danadiputra.
    
Penyaluran bantuan modal usaha Pelindo III Banjarmasin ini merupakan tahap pertama dari dua tahap yang direncanakan, dimana tahap kedua akan di salurkan pada Desember mendatang.
    
Calon mitra binaan mengajukan proposal usahanya yang sudah berjalan setahun dilengkapi laporan keuangan usaha dan dokumen agunan. Selanjutnya tim Pelindo III Banjarmasin akan melakukan survei ke tempat usaha.
    
Jenis usaha mitra binaan yang mendapatkan modal usaha Pelindo III Banjarmasin tahap pertama tahun 2014 meliputi warnet, konveksi, dekorasi, pengrajin perak, sembako, sayur buah, jasa service mobil, salon, mebel, toko bahan bangunan, depot makanan, lampion benang, kue, kacang jaruk hingga batako.
    
Dana bantuan modal usaha sendiri dikenakan bunga ringan sebesar 6 persen pertahun dengan masa pengembalian 18 bulan. Dimana pada 6 bulan pertama mitra binaan hanya melakukan pembayaran bunga pinjaman dan di bulan ke 7 dan seterusnya baru dikenakan cicilan pokok pinjaman dan bunga.
    
Program Kemitraan Pelindo III Banjarmasin telah berlangsung sejak tahun 2004 dimana sudah menyalurkan total bantuan modal usaha sebesar Rp12.377.500.000 kepada 619 mitra binaan di wilayah Kalselteng.
    
Sementara Program Bina Lingkungan telah berjalan sejak tahun 2008 hingga 2013 dengan nilai bantuan total Rp3.325.017.000 rupiah kepada 146 objek lingkungan.
    
Disamping itu Pelindo III juga melakukan sinergi dengan Pemerintah kota Banjarmasin melalui pembangunan 3 ruang kelas TK Barunawati senilai 467 juta rupiah serta bantuan 2 truk dan 9 motor tossa senilai 725,4 juta rupiah.
    
Pada 26 Juni lalu, Pelindo menggelar program kesehatan gratis kepada 250 warga disekitar lingkungan kerjanya.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014