Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Husein Abdurahman mengimbau masyarakat mengecek daftar pemilih tetap Pemilu Presiden 2014 yang sudah dipublikasikan.


"Kami sudah menyebarluaskan daftar pemilih tetap pilpres melalui papan pengumuman pada 20 kantor kelurahan yang tersebar di Banjarbaru sehingga masyarakat diimbau mengecek DPT itu," ujarnya di Banjarbaru, Minggu.

Ia mengatakan pengecekan DPT oleh calon pemilih yang memiliki hak pilih, penting dilakukan sehingga bisa mengetahui apakah tercantum atau tidak dalam DPT yang telah ditetapkan dan dipublikasikan tersebut.

Dijelaskan, jika calon pemilih sudah mengecek dan nama mereka tidak tercantum dalam DPT maka bisa segera melaporkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan sehingga bisa memasukkan nama pemilih tersebut.

"Petugas PPS akan mendata dan melaporkan ke KPU mengenai calon pemilih yang belum terdaftar kemudian pemilih bersangkutan dimasukan dalam daftar pemilih khusus yang bisa menyalurkan hak suara," ucapnya.

Menurut dia, selain bisa mengecek secara langsung dengan mendatangi kantor-kantor kelurahan, calon pemilih juga bisa melakukan pengecekan secara "online" atau jaringan melalui sistem yang sudah disiapkan KPU pusat.

Disebutkan, sistem tersebut adalah Sistem Pendaftaran Pemilih (Sidalih) yang bisa dibuka kapan dan dimana saja sehingga calon pemilih bisa mengecek masuk tidaknya dalam daftar pemilih melalui jaringan itu.

"Calon pemilih bisa membuka Sidalih dan mengecek apakah namanya tercantum atau tidak dalam DPT. Pencarian bisa dilakukan menggunakan informasi nama maupun nomor induk kepegawaian," jelasnya.

Dikatakan, partisipasi masyarakat Kota Banjarbaru dalam pilpres diharapkan tinggi sehingga pesta demokrasi dalam memilih calon presiden dan wakil presiden berjalan sukses dan terpilih presiden pilihan rakyat.

"Harapan kami, partisipasi masyarakat tinggi sehingga mengimbau mengecek DPT yang sudah diumumkan dan segera melaporkan jika belum masuk DPT agar bisa menyalurkan hak suaranya," kata dia.

Jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilpres dan telah ditetapkan KPU Banjarbaru sebanyak 147.968 pemilih atau bertambah 4.946 pemilih dibanding pemilu legislatif yakni 143.022 pemilih./e

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014